Selasa 01 Februari 2022, 14:53 WIB

Stok Minyak Goreng di Ritel Palembang Aman, Pemprov Sumsel Minta tak Aksi Timbun

Dwi Apriani | Nusantara
Stok Minyak Goreng di Ritel Palembang Aman, Pemprov Sumsel Minta tak Aksi Timbun

MI/Dwi Apriani

 

MESKI harga minyak goreng di pasar tradisional masih cukup tinggi, masyarakat bisa mendapatkan harga minyak goreng murah Rp14.000 di ritel. Dan saat ini ritel di Palembang memastikan stok minyak goreng satu harga Rp14.000 per liter tetap tersedia.

Salah satunya, JM Group yang menyatakan minyak goreng kemasan tersedia di seluruh jaringan supermarket lokal tersebut. Corporate General Affair Manager JM Group Deny Mulyawan mengatakan pihaknya menerapkan aturan untuk konsumen agar tidak terjadi aksi borong.

''Kami membatasi pembelian di mana satu orang hanya boleh membeli satu kemasan minyak goreng,'' katanya, Selasa (1/2/2022). 

Ia menambahkan pihaknya tidak menerapkan pengawasan ketat, hanya saja kasir tetap mengingatkan konsumen saat membayar manakala melebihi batas ketentuan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Sumsel Ahmad Rizali mengatakan kesulitan masyarakat dalam membeli minyak goreng lantaran faktor distribusi barang. ''Memang terjadi kendala dalam pendistribusian, sebab tak disangka antusias masyarakat begitu besar yang mengakibatkan minyak goreng cepat habis,'' katanya.

Menurutnya, tidak ada yang menimbun ataupun menyimpan dalam jumlah banyak. "Karena itu kami minta agar masyarakat tidak menimbun dan tidak beli berlebihan. Karena stok kami pastikan aman," ucapnya.

Rizali memastikan, stok minyak goreng aman hingga enam bulan ke depan. Terutama ketersediaan saat perayaan Idul Fitri pada Mei mendatang. ''Sumsel sudah menyiapkan 45 sampai 60 juta ton minyak goreng. Sedangkan yang disediakan sebanyak 8 juta liter per bulan," ujar dia.

Adanya stok itu, pihaknya memastikan penjualan minyak goreng di Sumsel cukup selama enam bulan mendatang. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk tidak panik menanggapi penurunan harga minyak goreng. "Jadi, tidak perlu khawatir, stok minyak goreng cukup," pungkasnya. (DW/OL-10)

Baca Juga

ANTARA/Fransisco Carolio

Titik Api Bertambah 10 Kali Lipat, Sumut Siaga Karhutla

👤Yoseph Pencawan 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 23:25 WIB
Sumut memiliki wilayah yang rentan mengalami karhutla karena memiliki 3,7 juta ha lahan hutan dan 261 ha lahan...
MI/Kristiadi

Komunitas Mak Ganjar Garut Berdoa Memohon Kemajuan Bangsa

👤Adi Kristiadi 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:28 WIB
RATUSAN Ibu-Ibu bergabung ke dalam komunitas relawan Mak Ganjar untuk mengikuti acara Zikir dan Do'a Bersama untuk Kemajuan Bangsa di...
dok.ist

Perempuan Milenial Sumsel Ajak Pilih Figur yang Terbukti Memajukan Perempuan

👤Dwi Apriani 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 22:15 WIB
UPAYA konsolidasi dukungan untuk Ganjar Pranowo ini digelar dalam acara  healty fun day di Gedung Graha Bandara Insani, Talang Jambe,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya