Rabu 26 Januari 2022, 20:34 WIB

Kasus Arteria Dahlan, Lembaga Adat Sunda Bakal Datangi Gedung DPR

Depi Gunawan | Nusantara
Kasus Arteria Dahlan, Lembaga Adat Sunda Bakal Datangi Gedung DPR

DPR
Anggota DPR dari PDIP, Arteria Dahlan.

 

KASUS politisi PDIP Arteria Dahlan terkait bahasa Sunda dalam sidang DPR, terus bergulir. Meski Arteria sudah mengklarifikasi dan meminta maaf kepada masyarakat Sunda, sejumlah organisasi kemasyarakatan, LSM, tokoh masyarakat hingga Lembaga adat Sunda tetap bereaksi. Mereka akan mengadakan aksi unjuk rasa damai ke Gedung DPR RI di Jakarta pada Kamis (27/1).

"Kami akan bergabung bersama puluhan organisasi di wilayah Jawa Barat mendatangi Gedung DPR untuk menyampaikan aspirasi karena ucapan Arteria Dahlan sudah mencederai suku Sunda," kata Ketua Lembaga Adat Kabuyutan Lembang, Ade Juhaeri, Rabu (26/1).

Di gedung wakil rakyat, lanjut dia, Lembaga Adat Kabuyutan Lembang tidak akan mengadakan orasi seperti pendemo lainnya tetapi hanya akan mengirimkan surat pengaduan kepada Pimpinan Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI.

"Pernyataan beliau sudah menyinggung perasaan masyarakat Sunda, kami mengecam keras atas perkataan Arteria Dahlan. Untuk permintaan maaf kami terima, tapi proses hukum tetap dijalankan," ucapnya.

"Tuntutan kami di Jakarta hanya pengaduan saja tentang munculnya bahasa yang kurang berkenan yang diucapkan Arteria kepada warga Jawa Barat, khususnya orang Sunda," imbuhnya.

Kasus Arteria Dahlan, menurut dia, harus menjadi bahan pelajaran bagi semua pihak agar berpikir masak-masak sebelum membuat pernyataan publik. "Kami mengingatkan beliau. Disadari atau tidak, pernyataan itu bakal memecah belah persatuan dan kesatuan yang sudah dirumuskan pejuang terdahulu dengan diikrarkan Sumpah Pemuda," jelasnya. (OL-15)

 

Baca Juga

Ist

1 Orang Hilang Terseret Arus di Pantai Kuta Bali

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 18 Mei 2022, 23:45 WIB
"Laporan kami terima pukul 19.05 Wita dari Bapak Sutayana, adanya 1 orang terseret arus di Pantai Kuta, di depan salah satu...
dok.ist

Diduga TPPU, PT Titan Diminta Angkat Kaki dari Sumsel

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 18 Mei 2022, 21:50 WIB
AKTIVIS dan tokoh pemuda asal Muara Enim Hari Azuar meminta agar PT Titan Group segera hengkang dengan meninggalkan semua bisnisnya di...
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Pemkab Nyatakan Sebaran PMK di Lamongan Relatif Terkendali

👤M Yakub 🕔Rabu 18 Mei 2022, 21:49 WIB
"Sapi-sapi yang sebelumnya mengalami penurunan nafsu makan dan tidak bisa berdiri, saat ini sudah mulai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya