Kamis 20 Januari 2022, 13:00 WIB

BIN Daerah Jateng Kembali Bawa 1.300 Dosis Vaksin untuk Banyumas

Lilik Darmawan | Nusantara
BIN Daerah Jateng Kembali Bawa 1.300 Dosis Vaksin untuk Banyumas

MI/Lilik
Binda Jateng gelar vaksinasi di Desa Somakaton, Kecamatan Somagede, Banyumas.

 

BADAN Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah (Jateng) kembali melakukan vaksinasi untuk 13 kabupaten di Jateng. Vaksinasi Binda masih tetap menjadikan anak usia 6-11 tahun sebagai sasaran.

Pada Kamis (20/1) dilaksanakan vaksinasi door to door di Desa Somakaton, Kecamatan Somagede, Banyumas. Di desa setempat, vaksinasi dari rumah ke rumah diutamakan untuk lansia yang belum sempat vaksin. Secara total jumlah vaksin yang disiapkan sebanyak 1.300 dosis.

Kepala Binda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto mengatakan selain di Banyumas, Binda Jateng juga menggelar vaksinasi masaal di 13 kabupaten di Jateng. ''Yakni Banyumas, Temanggung, Purworejo, Magelang, Pati, Rembang Pekalongan, Batang, Tegal, Brebes, Boyolali, Sukoharjo dan Banjarnegara,'' jelasnya.

Dikatakan oleh Sondi, secara keseluruhan ada 19 ribu orang yang menjadi sasaran baik anak maupun orang dewasa. ''Kami mendirikan sebanyak 18 sentra vaksinasi di 13 kabupaten. Dari kabupaten yang menjadi sasaran, kebanyakan melayani anak-anak. Hanya ada beberapa kabupaten yang melayani anak-anak dan orang dewasa. Yaitu Banyumas, Purworejo dan Magelang,'' ujarnya.

Sementara untuk vaksinasi anak-pelajar dilaksanakan Temanggung, Rembang, Pekalongan, Brebes, Boyolali, Batang, Tegal, Pati dan Banjarnegara. Vaksinasi booster juga mulai dilaksanakan, tepatnya di Kabupaten Sukoharjo dan Pati, bersamaan dengan vaksinasi kepada anak-anak.

Vaksinasi warga secara door to door selama ini telah terbukti meningkatkan partisipasi warga yang akan divaksin. Konsep door to door ini, sangat membantu warga terutama yang memiliki keterbatasan menuju ke sentra vaksinasi.

Menurut Sondi, Binda Jateng juga terus memberikan edukasi protokol kesehatan (prokes) pada saat anak-anak maupunn masyarakat vaksin. Peserta vaksinasi harus tetap mengenakan masker dan menjaga jarak. (LD/OL-10)

Baca Juga

DOK MI.

Banjir Bengkulu Genangi Ribuan Rumah, Pohon Tumbang Tewaskan Warga

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 14:00 WIB
Banjir berdampak pada 886 rumah warga di Kecamatan Muara Bangkahulu, Selebar, Sungai Serut, Ratu Agung, dan Kampung Melayu di Kota...
DOK MI.

Banjir Tinggi lagi hingga Lima Meter Landa Kota Bengkulu

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 13:34 WIB
Seorang warga Kelurahan Sukamerindu, Aminudin, berharap pemerintah menyalurkan bantuan pangan, air bersih, pakaian, tenda, dan sampan untuk...
Dok. Pemprov Jateng

Aplikasi Jalan Cantik Jateng Sudah Terima 7.190 Aduan, Sebagian Besar Sudah Ditangani

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 13:03 WIB
Hanung mengatakan, sejak awal diluncurkan 28 Juni 2019 lalu tercatat 7.190. Dari aduan itu, 1.253 sedang dalam proses...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya