Rabu 19 Januari 2022, 17:27 WIB

Pembebasan Lahan Flyover Aloha Ditarget Tuntas 2022

Heri Susetyo | Nusantara
Pembebasan Lahan Flyover Aloha Ditarget Tuntas 2022

ANTARA
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur terus berupaya mendorong percepatan pembangunan flyover Aloha. Salah satunya dengan menuntaskan pembebasan lahan yang akan dipakai sebagai lintasan.

Hal ini dikatakan Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali saat melakukan peninjauan lokasi flyover di sekitar Bundaran Aloha, Rabu 19/1). Menurut Muhdlor, pembebasan lahan untuk flyover seluas 1,5 hektare ditargetkan bisa diselesaikan pada 2022.

"Kami berharap proses pembebasan lahan ini bisa diselesaikan tahun ini sehingga tahun depan bisa kita mulai proses konstruksinya," ujar Muhdlor.

Bupati menambahkan, lahan 1,5 hektare yang akan dibebaskan tersebut adalah milik TNI Angkatan Laut. Muhdlor pun menyampaikan terima kasih kepada jajaran TNI AL khususnya Danlantamal V Surabaya yang telah mendukung percepatan pembangunan Flyover Aloha.

"Kebetulan karena lahan untuk flyover di Aloha ini sebagian besar milik TNI AL, kami sampaikan terimakasih kepala TNI AL Danlatamal V yang mendukung penuh langkah Pemkab Sidoarjo dalam mengurai kemacetan di Aloha ini," kata Muhdlor.

Sementara itu, Asisten Logistik (Aslog) Danlantamal V Kolonel Laut Utomo Budi mengatakan pihaknya mendukung penuh proyek pembangunan flyover Aloha.

"Kami dari TNI AL mendukung pembangunan proyek ini dan hari ini akan kita pastikan lahan mana saja yang masuk dalam proyek flyover," kata Utomo Budi.

Pembangunan Flyover Aloha di Kecamatan Gedangan dibutuhkan untuk mengurai beberapa titik kemacetan menjelang perbatasan Sidoarjo-Surabaya. Salah satunya adalah jalan keluar masuk Desa Sawotratap dan Desa Bangah Gedangan.

Flyover Aloha nantinya akan dibangun dengan model dua jembatan yakni Jembatan 1 Sidoarjo menuju Juanda sepanjang 300 meter dan jembatan 2 yang menghubungkan Juanda ke Sidoarjo atau arah Surabaya sepanjang 250 meter.

Rencana pembangunan Flyover Aloha ini juga sejalan dengan Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Kawasan Gerbangkertosusila, Kawasan Bromo Tengger Semeru serta Wilis dan Lintas Selatan sehingga akan terus didorong realisasinya oleh Pemkab Sidoarjo. (OL-15)

 

Baca Juga

DOK MI

Pemkab Gunungkidul Perketat Pengawasan Lalu Lintas Hewan Ternak

👤Ardi Teristi 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:38 WIB
PENGAWASAN lalu lintas hewan ternak di Kabupaten Gunungkidul, DiY diperketat. Hal ini dilakukan untuka mencegah masuknya penyakit mulut dan...
dok.ist

Dinilai Layak, Relawan Kalsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:14 WIB
KEBERHASILAN Ganjar Pranowo membawa Jawa Tengah lebih baik membuat ratusan orang di Kalimantan Selatan mendukungnya untuk menjadi Presiden...
Dok. Pribadi

Methodius Kossay Luncurkan Yayasan Harapan Generasi Papua, Fokus Bangun Karakter Pemuda Papua

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:11 WIB
"Fokus yayasan adalah membangun pribadi manusia terutama generasi Papua seutuhnya sebagai subjek perubahan melalui pengembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya