Senin 17 Januari 2022, 15:45 WIB

Vaksinasi Dosis Ketiga di Kota Yogyakarta Ditargetkan Selesai Pertengahan Februari

Ardi Teristi | Nusantara
Vaksinasi Dosis Ketiga di Kota Yogyakarta Ditargetkan Selesai Pertengahan Februari

MI/Rudi K
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Yogyakarta mulai menggelar vaksinasi Covid-19 dosis ketiga, Senin (17/1/2022). Pemkot Yogyakarta menargetkan, vaksinasi dosis ketiga untuk seluruh lansia di Kota Yogyakarta dapat selesai pada pertengahan Februari 2022.

"Kami optimistis karena melihat antusiasme warga untuk mengikuti program vaksinasi dosis ketiga ini cukup tinggi," terang Emma Rahmi Aryani, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta di Grha Pandawa, Balai Kota Yogyakarta. 

Dia juga menyebutkan bahwa vaksinasi dosis ketiga kali ini menggunakan vaksin AstraZeneca.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, fokus utama pada pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga adalah para warga lansia untuk peningkatan imunitas tubuh guna mencegah penularan Covid-19. "Vaksinasi ini diprioritaskan untuk warga lansia yang sudah menjalani vaksinasi dosis lengkap minimal dalam enam bulan terakhir," papar dia.

Selain lansia, vaksinasi dosis ketiga juga diberikan kepada warga yang mempunyai penyakit immunocompromised.

Dari data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kota Yogyakarta, jumlah lansia pada 2020 ada 57.240 jiwa atau sekitar 13,8% dari jumlah seluruh penduduk yang ada di Kota Yogyakarta.

Selain di Grha Pandawa Balaikota Yogyakarta, vaksinasi dosis ketiga juga digelar di Sekolah Luar Biasa (SLB) Pembina dan Monumen Diponegoro.

"Selain ketiga lokasi tersebut, Pemkot Yogya juga menyediakan sentra vaksinasi booster lansia di rumah sakit dan puskesmas," papar dia.

Ia berharap, vaksinasi dosis ketiga dapat membentuk herd immunity atau kekebalan komunitas bagi seluruh masyarakat pada umumnya.  (AT/OL-10)

Baca Juga

Ist

Yayasan Amirul Ummah Salurkan 5.000 Alquran di Cianjur

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:21 WIB
Sebanyak 5.000 Al Qur’an disalurkan untuk masyarakat yang membutuhkan. Lokasi meliputi tempat-tempat pengajian serta masjid dan...
ANTARA

Mengulik Kesiapan Sulbar Jadi Penyangga IKN 

👤Hartanto, Pranata humas muda pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mamasa, Sulbar 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:15 WIB
SULAWESI Barat mulai mempersiapkan diri menjadi daerah utama penyangga ibu kota nusantara...
Ist

Floratama Academy 2022 Bangkitkan UMKM Parekraf di Wilayah NTT

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 21:36 WIB
Flotama Academy merupakan program inkubasi pengusaha UMKM berbentuk pelatihan, peningkatan kapasitas, dan pendampingan di 17 bidang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya