Senin 17 Januari 2022, 16:27 WIB

MotoGP Mandalika, Kemenhub Siapkan Pelabuhan Berstandar Kapal Pesiar

Insi Nantika Jelita | Nusantara
MotoGP Mandalika, Kemenhub Siapkan Pelabuhan Berstandar Kapal Pesiar

MI/yusuf
Sirkuit Mandalika

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mendukung gelaran MotoGP seri Indonesia yang akan dilaksanakan pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Lembar R Pradigdo mengatakan, pihaknya bersama PT Pelindo telah melakukan beberapa pengembangan di Terminal Penumpang Gili Mas.

Hal ini dilakukan untuk melakukan peningkatakan pelayanan serta fasilitas untuk kapal berstandar pariwisata termasuk kapal pesiar.

"Luas dermaga 440 m x 26 m dengan kapasitas ruang tunggu 1.500 orang, jadi terminal ini sudah cukup luas dan memadai," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (17/1).

Selain itu, pengembangan juga dilakukan di beberapa zona yaitu zona petikemas dengan luas 6,06 hektare (ha), zona logistik 1,18 ha, zona perkantoran dan bisnis perdagangan 2,95 ha, zona pariwisata/marina 0,37 ha, zona utilitas 0,83 ha, zona pemerintah 0,5 dan lainnya.

Baca juga: Menparekraf Apresiasi Kolaborasi UMKM di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai

Pradigdo jug mengungkapkan, saat ini di Pelabuhan Lembar sudah mulai sandar beberapa kapal berstandar pariwisata. Salah satunya KM Kirana VII yang mengangkut penumpang dan kendaraan dengan Surabaya - Lembar dan sebaliknya.

Menurut info yang dia peroleh dari para pengusaha saat ini sudah mulai ramai bookingan untuk Maret nanti untuk mengangkut puluhan unit kendaraan dari Makassar dan Surabaya menuju Lombok.

"Kami siap mendukung pariwisata dan pengembangan obyek pariwisata skala prioritas di Mandalika dengan menyiapkan sarana dan prasarana pelabuhan yang memadai," tuturnya.

Berdasarkan informasi dari PT Pelindo Cabang Lembar, mulai Februari hingga Desember mendatang akan ada beberapa kapal pesiar yang sandar di Terminal Gili Mas, yakni Kapal Golden Horizon pada 17 Februari 2022, Kapal Norwegian Spirit 11 April 2022, Kapal Royal Princess 5 September 2022.

Lalu, Kapal Star Breeze datang dua kali pada 27 Oktober dan 29 Oktober 2022, Kapal Viking Orion 23 November 2022, Kapal Noordam 12 Desember 2022, Kapal Viking Mars 12 Desember 2022, dan Kapal Vasco Dagamma 31 Desember 2022. (OL-4)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Desa Tilang Nikahkan Ratusan Pasangan secara Gratis

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 17 Mei 2022, 12:22 WIB
"Tahun ini ada sekitar 111 pasangan akan kita nikahkan secara bertahap. Proses pembiayaan pernikahan ditanggung oleh desa melalui...
Antara/Galih Pradipta.

Era Jokowi Dinilai Beri Banyak Ruang bagi Pengusaha Milenial

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:55 WIB
Di sisi lain, era digital juga semakin membuka ruang bagi pengusaha muda untuk mengakses dukungan teknologi dalam menjalankan...
MI/Gabriel langga

Pelaku Usaha Nilai Sektor Riil di NTT Belum Digarap Serius

👤Gabriel Langga 🕔Selasa 17 Mei 2022, 10:35 WIB
KALAU NTT mau keluar dari kemiskinan itu wajib punya sektor riil minimal 50 persen.  Hanya dengan sektor riil maka NTT bisa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya