Kamis 06 Januari 2022, 21:17 WIB

YBKB Salurkan Donasi untuk Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru 

Ghani Nurcahyadi | Nusantara
YBKB Salurkan Donasi untuk Warga Terdampak Erupsi Gunung Semeru 

Dok. YBKB
Donasi YBKB untuk warga terdampak erupsi Gunung Semeru

 

YAYASAN Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB)  menyalurkan bantuan kemanusiaan dari Samudera Indonesia Peduli berupa 65 paket pangan dan paket kebutuhan kesehatan kepada warga terdampak erupsi Gunung Semeru. Bantuan yang disalurkan sejak 31 Desember 2021 itu disalurkan melalui Bidang Kemanusiaan YBKB. 

Ketua RT 01 RW 16 Desa Pasirian, Hartono, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada YBKB yang telah menyalurkan bantuan kepada warga Desa Pasirian yang harus mengungsi selama erupsi. 

"Kami sangat bersyukur bisa mendapatkan bantuan ini. Karena memang ini yang sangat dibutuhkan warga selama berada di pengungsian, yaitu makanan sehat dan vitamin," ujarnya. 

Humas YBKB Yuki Wirabragja mengatakan, aksi peduli YBKB akan terus berlanjut hingga kondisi dinyatakan aman dan masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing. 

"Aksi peduli ini harus terus dilanjutkan hingga kondisi dinyatakan aman dan masyarakat dapat kembali ke rumah masing-masing, kami dari YBKB akan terus menggalang dana untuk para korban terdampak erupsi Semeru dan kami membuka kesempatan yang sebesar-besarnya bagi para mitra yang ingin bekerjasama dalam membantu memulihkan Semeru," tuturnya. 

Baca juga : Jelang PTM, Pemkot Cimahi Gencarkan Vaksinasi Anak 6-11 Tahun

Gunung Semeru mengalami erupsi pada 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.15 WIB mengeluarkan guguran awan panas hingga lahar dingin. Akibat erupsi gunung Semeru ratusan bangunan rusak, hewan ternak mati akibat terjebak abu vulkanik, hingga merenggut nyawa manusia. 

Berdasarkan data Pos Komando (Posko) Penanganan Darurat Bencana Erupsi Semeru, per tanggal 25 Desember 2021, tercatat sebanyak 54 orang meninggal dunia, 8 orang dinyatakan hilang. 

Sementara total rumah rusak, baik rusak berat maupun ringan mencapai 1.027 unit yang tersebar di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro dan di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo. 

Total warga mengungsi berjumlah 9.417 jiwa yang tersebar di 402 titik. Konsentrasi pengungsian terpusat di 3 kecamatan, yakni di Pasirian, Candipuro dan Pronojiwo. Pengungsian di luar Kabupaten Lumajang berada di Kabupaten Malang 9 titik, Probolinggo 1 titik, Blitar 1 titik dan Jember 1 titik. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/HO

Ribuan Santri dan Ulama Karawang Doakan Ganjar Pranowo Menuju 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 04:15 WIB
Ribuan santri dan ulama dari berbagai daerah di Karawang turut hadir dalam kegiatan doa bersama dan sholawatan yang digelar di Masjid Jami...
Dok. Pribadi

Cicipi Produk Olahan Lele di Tegal, Sandiaga : Uenak dan Bergizi, Kita Kasih Endorsement

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 04:03 WIB
"Kita langsung ga pakai lama, kita berikan endorsement. Saya, Pak wali, Bu bupati, dan semua memberikan endorsement bahwa lele itu...
Antara

Gelombang Setinggi 6 Meter Ancam Perairan Selatan Jawa

👤Lilik Darmawan 🕔Minggu 03 Juli 2022, 22:09 WIB
Masyarakat yang mau berwisata di pantai diminta mewaspadai potensi gelombang tinggi. Begitu juga pengguna jasa kelautan perlu tetap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya