Kamis 09 Desember 2021, 20:35 WIB

Sisihkan 50 Pesaing, Sumber Bulu Jadi Juara I Desa Wisata Kategori Suvenir

Widjajadi | Nusantara
Sisihkan 50 Pesaing, Sumber Bulu Jadi Juara I Desa Wisata Kategori Suvenir

MI/WIDJAJADI
Warga Sumber Bulu menyambut kedatangan penghargaan Desa Wisata dari Kementerian Pariwisata.

 


PEMERINTAH Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, bergerak kencang mendorong desa di wilayahnya untuk berkreasi di sektor kepariwisataan dan budaya.

Salah satu momentumnya ialah terpilihnya Dukuh Sumber Bulu, Desa Pendem, Kecamatan Mojogedang sebagai juara pertama Desa Wisata Kategori Suvenir 2021 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Keberhasilan Sumber Bulu menjadi juara pertama mengalahkan 50 desa wisata lain dari berbagai daerah di Tanah Air patut kita syukuri. Kita akan terus mendorong desa-desa lain, bisa lebih disukai wisatawan baik domestik maupun mancanegara," kata Bupati Karanganyar Juliyatmono. Kamis (9/12).

Desa Wisata Sumber Bulu terpilih jadi pemenang dan diumumkan dalam acara Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 di Jakarta, pada Selasa (7/12).

Dua bulan sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertandang ke Sumber Bulu untuk melihat potensi warga setempat dalam mengkreasi banyak hal. Dusun itu bersinar di bidang kepariwisataan, karena pembuatan pernak-pernik suvenir.

Bupati Juliyatmono juga sangat terkesan dengan kreativitas warga Sumber Bulu dalam mengemas berbagai potensi yang dimiliki sebagai bentuk kearifan lokal. "Kreativitas mereka juga menjadi sumber untuk membuat kehidupan lebih layak, yang bisa mampu dipamerkan atau menarik bagi pendatang."

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Titis Jawoto menyampaikan, ADWI merupakan salah satu sarana untuk melakukan promosi terhadap salah satu desa wisata di Karanganyar.

"Capain ini akan membuat Sumber Bulu menjadi rujukan bagi daerah lain dalam pengembangan objek wisata," tambahnya. (N-2)

Baca Juga

DOK MI

Kasus DBD Mengalami Lonjakan di Kota Pariaman

👤Yose Hendra 🕔Kamis 27 Januari 2022, 22:02 WIB
KASUS Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Pariaman, Sumatera Barat mengalami...
DOK MI

Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng Aktifkan Kembali Lokasi Isoter

👤Ruta Suryana 🕔Kamis 27 Januari 2022, 21:59 WIB
SATUAN Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten  Buleleng, Bali kembali mengaktifkan tempat isolasi terpusat (isoter), mulai Kamis...
MI/Ardi.

PKL di Teras Malioboro Bebas Retribusi selama Setahun

👤Ardi Teristi 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:55 WIB
Selain Teras Malioboro 1 di seberang Pasar Beringharjo, PKL Malioboro juga direlokasi di samping Gedung DPRD...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya