Sabtu 04 Desember 2021, 20:27 WIB

BIN Targetkan 13 Ribu Warga Tervaksin di Bali pada Desember 2021

Arnoldus Dhae | Nusantara
BIN Targetkan 13 Ribu Warga Tervaksin di Bali pada Desember 2021

MI/Arnold Tanti
Kepala BIN Daerah Bali Brigjen Pol.Hadi Purnomo

 

BADAN Intelijen Negara (BIN) Daerah Bali menargetkan 13 ribu warga Bali akan divaksin selama Desember 2021. Kepala BIN Daerah (Kabinda) Bali Brigjen Pol Hadi Purnomo mengatakan, target yang akan dicapai adalah sebanyak 13.600 orang di Bali.

Jumlah tersebut bukan hanya penduduk yang ber-KTP Bali saja tetapi semua warga yang tinggal di Bali, yang bekerja di Bali. Bahkan warga asing yang sudah memiliki KITAS (kartu identitas penduduk sementara) sejauh sudah berkoordinasi dengan Kantor Konsulat setempat.

"Kita targetkan 13.600 di Desember ini untuk seluruh Bali. Namun kita berharap jika target tersebut melebihi jumlah yang ada karena vaksin yang difasilitasi BIN tidak membedakan apakah warga dari Bali atau luar Bali. Semua yang belum vaksin bisa divaksin. Jangan sampai ada yang terlewati," ujar Kabinda Bali, Brigjen Pol Hadi Purnomo, saat memantu kegiatan vaksinasi di Masjid Al Ikhsan Sanur, Denpasar, Bali, Sabtu (4/12/2021).

Menurutnya, sampai hari ini, Sabtu (4/12/2021) yang sudah tervaksin sebanyak 1000 lebih. Ia optimis jika target tersebut akan tercapai dengan baik karena BIN akan menyasar semua kelompok masyarakat yang ada di Bali.

Pihaknya akan mempercepat target karena sejak 23 Desember nanti akan diberlakukan PPKM Level 3 menjelang akhir tahun. Vaksin ini diperuntukkan baik vaksin dosis pertama maupun dosis kedua. Lagi pula stok vaksin di Bali masih sangat cukup karena kalau tidak dimanfaatkan maka akan kedaluwarsa dan tidak bisa dipakai lagi.

Untuk mencapai target tersebut, BIN Daerah Bali telah membentuk banyak Posko, bekerja sama dengan Provinsi Bali bertempat di DPRD Bali. Selain itu BIN Daerah Bali juga menyasar para pendatang dengan bekerja sama melalui NU Bali, Majelis Ulama Bali, menyasar Masjid-Masjid di Bali, menyasar juga Pura-Pura dan gereja-gereja di Bali, serta kelompok-kelompok sosial lainnya.

BIN juga menggandeng GP Ansor Provinsi Bali dalam penyelenggaraan vaksinasi yang dilakukan secara massal dan door to door ini. Agar lebih banyak masyarakat yang mau untuk divaksin.

"Kami dari Gerakan Pemuda Ansor sangat mendukung program vaksinasi ini agar COVID-19 ini segera tertanggulangi," ucap Ketua GP Ansor Bali, Yunus Naim.

"Dan perekonomian di Bali khususnya bisa bangkit kembali dengan dibukanya pariwisata internasional," tambahnya.

Salah satu warga Pantai Sanur yang divaksin mengaku sangat berterima kasih atas diadakannya vaksinasi massal yang dilakukan oleh BIN. Sambil berterima kasih, ia berharap seluruh masyarakat Bali yang belum vaksin, agar segera divaksin.

"Terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi atas Vaksinasi door to door. Semoga dengan kegiatan ini pandemi cepat berakhir dan ekonomi kembali stabil," kata dia.

Adapun jadwal vaksinasi massal berikutnya yang akan diadakan di Bali, antara lain di Desa Pemecutan Klod, Kecamatan Denpasar Barat tanggal 8 Desember 2021, kemudian di Kabupaten Karangasem tanggal 9 Desember 2021 dan di Kabupaten Tabanan pada 13 Desember 2021 mendatang.

BIN Daerah Bali tidak membeda-bedakan dari agama mana, dari kelompok mana. "Sekalipun bertempat di Masjid, seperti yang terjadi hari ini di Masjid Al Ikhsan Sanur, tetapi yang datang hari ini adalah masyarakat umum. Ada Hindu, Kristen, Nasrani, juga boleh vaksin di posko yang ada di masjid hari ini. Kita tidak membeda-bedakan agama. Kita tonjolkan toleransi. Kita menerima semua, baik yang KTP Bali maupun luar Bali," ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: BIN Jabar Gencarkan Serbuan Vaksinasi Covid-19 Hingga Ke ...

 

Baca Juga

MI/HARYANTO

PWI Jawa Tengah Gelar Anugerah Pariwisata 2022

👤Haryanto 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 18:40 WIB
Ajang tersebut digagas PWI Provinsi Jawa Tengah dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia (World Tourism...
MI/Selamat Saragih

Pemkot Tidore Gandeng UI Siapkan Kajian Scuba Diving untuk Gaet Wisatawan

👤Selamat Saragih 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 18:34 WIB
 DAYA tarik wisata selam terletak pada konservasi lingkungan alam bawah laut dan pelestarian warisan budaya yang dikelola masyarakat...
dok.mi

Ibu Kota Jabar jadi Dipindah ke Tegalluar, Walini atau Segitiga Rebana, Ini Kata Kang Emil

👤Naviandri 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 18:10 WIB
WACANA pemindahan pusat Pemerintahan Provinsi Jawa Barat  dari Kota Bandung masih menunggu kepastian pembangunan stasiun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya