Selasa 30 November 2021, 12:40 WIB

Kalsel Raih Subroto Award 2021

Denny Susanto A | Nusantara
Kalsel Raih Subroto Award 2021

MI/Denny Susanto A
Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor tengah memimpin rakor penanganan virus korona melalui video konfrensi dengan bupati/wali

 

PEMERINTAH Provinsi Kalimantan Selatan kembali meraih penghargaan  bidang efisiensi energi Subroto Award  (PSBE) 2021. Pemprov Kalsel meraih juara III PSBE kategori perkantoran  pemerintah melalui Dinas PUPR.

Trofy dan piagam penghargaan diserahkan Direktur Konservasi Energi,Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Luh Nyoman Puspa Dewi kepada Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, di Desa Kiram, Kabupaten Banjar, kemarin.

"Keberhasilan ini harus diikuti kantor-kantor lain, karena saat ini Kementerian ESDM atau Pemerintah  tengah menggaungkan pengurangan emisi," kata Luh Nyoman.

Dirinya juga berharap penghargaan yang diraih Dinas PUPR bisa menjadi teladan bagi dinas  lainnya, termasuk instansi di luar Pemprov Kalsel. Penghargaan PSBE diharapkan menjadi perwujudan atas komitmen pemerintah dalam program percepatan konservasi energi.

Penghargaan Subroto digelar sejak 2012 merupakan apresiasi pemerintah melalui Kementerian ESDM kepada instansi pemerintah yang berkomitmen kuat dan melakukan aksi nyata melakukan upaya konservasi energi dan efisiensi energi.

Penghargaan Subroto terbagi dalam empat kategori, yaitu Kategori A-Gedung Hemat Energi. Kategori B - Manajemen Energi di Industri dan Gedung, Kategori C - Penurunan dan Perdagangan Emisi Karbon di Sektor Energi. Kategori D - Penghematan Energi di Gedung Perkantoran Pemerintah, diikuti oleh Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, Selasa (30/11) mengatakan, penghargaan serupa pada kategori lain telah juga pernah diterima Pemprov Kalsel sebelumnya. Dan diharapkan tahun selanjutnya Kalsel bisa menjadi juara pertama.

Sahbirin meminta penghargaan bidang efisiensi energi ini harus dibarengi dengan upaya peningkatan dan inovasi sehingga memberi manfaat bagi peningkatan efisiensi energi di Indonesia. (OL-13)

Baca Juga: Dosen Universitas Siliwangi Bantu Budidaya Ikan Warga untuk Ketahanan Pangan

Baca Juga

AFP/SULTHAN AZZAM

Kapolda: Gas Metana Diduga Penyebab Ledakan Tambang Milik PT NAL

👤Yose Hendra 🕔Jumat 09 Desember 2022, 22:16 WIB
Ia mengatakan polisi akan melakukan pengecekan ulang dan mengkaji standar operasional tambang yang dalam kedalaman tertentu memang terdapat...
dok.ist

Tuan Guru di Sumut Berdoa untuk Kebaikan di Pilpres 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 09 Desember 2022, 22:05 WIB
TUAN Guru bersama masyarakat semua kalangan melakukan dzikir dan doa bersama untuk kebaikan bangsa dan negara...
MI/HO

Pemuda Katolik Dorong Pemerintah Mahakam Ulu Peduli Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Jumat 09 Desember 2022, 21:45 WIB
Hiyang menitikberatkan terkait upaya meningkatkan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Mahakam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya