Selasa 23 November 2021, 17:14 WIB

Hujan Deras Sepanjang Siang, Banjir Rendam Permukiman Warga Jambi

Solmi | Nusantara
Hujan Deras Sepanjang Siang, Banjir Rendam Permukiman Warga Jambi

DOK Istimewa.
Salah satu keluarga warga Desa Tanjungpaku, Kecamatan Merelung, Kabupaten Tanjungjabung Barat, Jambi, mengungsi di bawah tenda sederhana.

 

TERPAPAR limpasan air hujan yang mengguyur lebat sepanjang Selasa (23/11) siang, beberapa permukiman warga di Kota Jambi yang berada di daerah bantaran dan cekungan sungai terendam banjir. Genangan banjir dengan ketinggian bervariasi 30 sentimeter hingga 50 sentimeter. 

Permukiman warga yang kebanjiran berada di kawasan Jelutung, Sungai Maram di Pasar Jambi, Perumahan Amura di Kecamatan Alam Barajo, dan daerah padat warga di kawasan Legok, Pulau Pandan, di Kecamatan Danau Sipin. Namun banjir paling parah masih bertahan di daerah Legok dan Pulau Pandan yang berada di daerah kerendahan dan belokan Sungai Batanghari.

Sebagian besar akses jalan dan bangunan bawah dari rumah-rumah warga kebanyakan dibangun bertiang tinggi sudah dimasuki air. Kendati kebanjiran, warga setempat masih memilih bertahan, karena masih bisa menyelamatkan diri dan barang berharga ke ruang bangunan lantai atas. Sedangkan aktivitas keluar rumah, warga terpaksa menggunakan jasa perahu.

Banjir juga masih merendam puluhan rumah warga di Desa Tanjungpaku, Kecamatan Merelung, Kabupaten Tanjungjabung Barat. Banjir yang dipicu meluapnya Sungai Pengabuan itu memaksa sedikitnya 36 warga mengungsi ke tenda-tenda darurat buatan sendiri.

Baca juga: Hujan Semalaman, Belasan Desa di Kabupaten Tegal dan Brebes Kebanjiran

Menyadari besarnya potensi ancaman bencana hydrometeorologi akibat musim penghujan saat ini, pihak BBPD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) diminta melakukan pengawasan yang intensif, terutama untuk tindak pertolongan kepada warga yang berada di sepanjang bantaran sungai. "Kami sudah mempersiapkan personel dan peralatan evakuasi. Kami berharap bencana banjir yang masih bersifat sporadis dan belum terlalu besar, bisa ditangani pemangku pemerintah daerah di lokasi bencana," kata Gubernur Jambi Al Haris. (OL-14)

Baca Juga

MI/Akhmad Safuan

Sepekan Banjir di Pekalongan Bikin Ribuan Pembatik Menganggur

👤Akhmad Safuan 🕔Senin 29 November 2021, 09:55 WIB
BANJIR lebih dari sepekan merendam Kota Pekalongan, Jawa tengah, mengakibatkan ribuan perajin dan usaha batik...
Ist/BP Batam

Siap Bersaing dengan Singapura-Malaysia, RSBP Batam Resmikan Layanan Intervensi Aritmia Jantung

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 08:40 WIB
Layanan studi elektrofisiologi dan ablasi Jantung ini juga merupakan langkah antisipasi sekaligus persiapan menuju terbentuknya Kawasan...
Dok.Indra Karya

Kolaborasi 25 BUMN Dukung Rehabilitasi Mangrove di Sampang

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 29 November 2021, 07:15 WIB
Program Penanaman pohon sesi pertama ini dilakukan di Desa Marparan, Kabupaten Sampang, Madura – Jawa Timur di lahan seluas 40 ribu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya