Jumat 12 November 2021, 16:38 WIB

99% Wilayah Cianjur Zona Hijau Covid-19

Benny Bastiandy/Budi Kansil | Nusantara
99% Wilayah Cianjur Zona Hijau Covid-19

DOK MI
Ilustrasi

 

MEMBAIKNYA kondisi pandemi covid-19 di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, linear dengan makin turunnya jumlah penyebaran kasus berdasarkan zonasi. Sampai saat ini, di Kabupaten Cianjur tidak terdapat daerah berzona oranye ataupun merah.

Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, Yusman Faisal, mengatakan saat ini hampir 99% wilayah di Kabupaten Cianjur berada pada zona hijau. Sisanya merupakan zona kuning.

"Berdasarkan evaluasi PPKM skala mikro, di Kabupaten Cianjur sudah tidak ada zona merah atau oranye. Hampir semuanya zona hijau. Zona kuning juga hanya sedikit," terang Yusman kepada Media Indonesia, Jumat
(12/11).

Yusman menuturkan zona kuning rerata berada di kawasan permukiman padat penduduk. Lokasinya tersebar di wilayah utara dan tengah. "Kalau di wilayah selatan tidak ada daerah yang zona kuning," sebut Yusman.

Berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri, kata Yusman, klasifikasi zona kuning yakni di dalam satu rumah hanya terdapat 1-2 orang yang terpapar covid-19. "Jadi, zona kuning itu tak lebih dari dua orang yang terindikasi covid-19 di satu rumah," jelasnya.

Koordinator Penegakan Aturan dan Perubahan Perilaku Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Cianjur, Hendri Prasetyadhi, di tengah kebijakan pelonggaran aktivitas, penerapan protokol kesehatan covid-19 harus terus diperketat agar jangan sampai lengah.

Langkah ini dilakukan untuk menjamin penanganan covid-19 bisa lebih efektif. "Operasi yustisi juga masih dilakukan di cek-cek poin di ruas-ruas jalan protokol," terang Hendri.

Ia menuturkan, saat ini Kabupaten Cianjur berada pada PPKM level 3. Penilaiannya didasari pertimbangan indikator capaian vaksinasi covid-19 yang masih di bawah 50%. "Sasaran utama patroli saat ini lebih kepada penegakan disiplin prokes serta gebyar vaksinasi," pungkasnya. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA/Andreas Fitri

Gubernur DIY Terima Bintang Tanda Jasa dari Kaisar Jepang

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:10 WIB
Tanda jasa itu diserahkan oleh Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji kepada Sri Sultan, disaksikan GKR Hemas bersama...
Dok. Pribadi

Legislator : Puncak Jaya Harus Masuk DOB Papua Pegunungan Tengah, Bukan Papua Tengah

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:52 WIB
Agus menegaskan keputusan tersebut tidak tepat karena secara rentang kendali dan kemudahan akses, Kabupaten Puncak Jaya lebih tepat masuk...
ANTARA

1.400 Sapi Di Kuningan Telah Divaksin PMK

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:05 WIB
RIBUAN sapi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sudah mendapatkan vaksinasi untuk pencegahan penyakit mulut dan kaki...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya