Kamis 11 November 2021, 22:41 WIB

Peparnas XVI Papua Jadi Sarana Promosi Kopi Papua 

Mediaindonesia.com | Nusantara
Peparnas XVI Papua Jadi Sarana Promosi Kopi Papua 

Antara/Rasian Al Fraisi
Kopi Asli Papua di festival peparnas XVI Papua

 

ASOSIASI Kopi Indonesia Provinsi Papua menyebut Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI menjadi ajang promosi berbagai produk unggulan Papua, khususnya kopi khas Bumi Cenderawasih. 

Ketua DPD Asosiasi Kopi Indonesia Provinsi Papua Andrew Bahabol dalam siaran persnya di Jayapura, Kamis, mengatakan potensi produk kopi yang dimiliki oleh Tanah Papua begitu besar, diprediksi bila dioptimalkan bisa mencapai hingga 10 ribu ton. 

"Pasalnya, hal ini didukung dengan banyak lahan tanah subur yang berada wilayah di Papua yang dapat dipergunakan untuk menanam dua jenis komoditas produk kopi yakni robusta dan arabica," katanya. 

Menurut Andrew, Papua berpotensi menghasilkan 10 ribu ton per tahun ketika panen, sehingga jika panen raya bisa menyediakan untuk banyak orang yang memesan. 

Baca juga : Wali Kota Semarang Resmikan Pabrik Pertama Kendaraan Listrik Volta

"Terdapat dua wilayah di Kota Jayapura yang memiliki tanah subur yakni di wilayah Genyem dan Arso yang sangat cocok menjadi tempat penanaman kopi dengan jenis robusta," ujarnya. 

Dia menjelaskan tanah pada kedua tempat tersebut memang subur dan kondisi alam mendukung, sehingga tanaman kopi dapat tumbuh subur dalam waktu yang relatif lebih cepat. 

"Selain itu, di daerah Kabupaten Jayawijaya, Yahukimo, dan Dogiyai dapat ditanamkan dengan jenis kopi arabica, mengingat, wilayah tersebut sangat mendukung penanaman dengan jenis kopi tersebut," katanya lagi. 

Dia menambahkan Wamena di Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Yahukimo, dan Moanemani di Kabupaten Dogiyai juga dapat ditanami kopi dengan jenis arabica. (Ant/OL-7)

Baca Juga

Dok. Pemprov Babel

Tingkatkan Kualitas SDM, Pelajar Dan Mahasiswa Bangka Belitung Didorong Raih Beasiswa

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:36 WIB
"Pintar secara akademis tidaklah cukup, tapi milikilah karakter yang kuat dengan meningkatkan softskill. Belajarlah di luar apa yang...
MI/Apul Iskandar

Harga Cabai Merah di Pematangsiantar Meroket Hingga Rp125 Ribu per Kg

👤Apul Iskandar 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:13 WIB
Kenaikan harga cabai merah dan cabai rawit hijau dikarenakan gagal panen dan naiknya harga...
Wikipedia

Masyarakat dan Wisatawan Diimbau tidak Mendekati Gunung Awu

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:00 WIB
PVMBG telah menaikkan status Gunung Awu dari Waspada Level II ke Siaga Level III menyusul meningkatnya aktivitas kegempaan gunung setinggi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya