Minggu 07 November 2021, 12:56 WIB

Banjir Landa Empat Kecamatan di Gresik

Faishol Taselan | Nusantara
Banjir Landa Empat Kecamatan di Gresik

ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Warga berusaha menerobos banjir di Pasar Benjeng, Gresik, Jawa Timur, Jumat (5/11/2021).

 

EMPAT kecamatan di Kabupaten Gresik, Jawa Timur dilanda banjir akibat meluapnya Kali Lamong. Empat kecamatan itu adalah Benjeng, Balongpanggang, Kadeamean dan Cerme.

"Ini banjir tahunan, setiap hujan deras Kali Lamong meluap dan langsung menggenangi kecamatan yang dilewati kali tersebut," kata Camat Cerme Gresik Suyono, kemarin.

Untuk di Kecamatan Cerme ada tiga desa di wilayah yang dia pimpin, yakni Desa Dadapkuning, Sukoanyar, dan Ngembung dilanda banjir.
"Banjir kemudian bergeser dari Balongpanggang dan Benjeng menuju Cerme, dan ada tiga desa terdampak," lanjut Suyono.

Dijelaskannya, banjir di Desa Dadapkuning menggenangi sawah seluas 70 hektare dengan ketinggian air mencapai 20 cm. Tidak hanya sawah, banjir juga menggenangi tambak seluas 100 hektare dengan ketinggian 5 cm, serta jalan poros desa sepanjang 200 meter dengan ketinggian air 50 cm.

Sementara di Desa Sukoanyar, air menggenangi sawah seluas 50 hektare dengan ketinggian 54 cm dan tambak seluas 34 hektare dengan
ketinggian 50 cm.

Di desa yang sama jalan poros desa sepanjang 60 meter juga terendam banjir dengan ketinggian air 30 cm. Kemudian jalan kampung
sepanjang 100 meter digenangi air setinggi 10 cm. Untuk permukiman, ada dua rumah warga tergenang dengan ketinggian air 30 cm dan jalan sepanjang 500 meter dengan ketinggian air 39 cm.

Sementara itu, di Desa Ngembung air menggenangi sawah seluas 25 hektare dengan ketinggian air 100 cm, dan jalan poros desa sepanjang 100 meter ketinggian air 70 cm.

baca juga: Mencegah Kali Lamong Meluap Dua Tanggul Dibangun

Tiga alat berat telah dikerahkan untuk mengeruk Kali Lamong di Kecamatan Cerme. "Pengerukan masih berlangsung hingga sampai hari ini, meski  terpantau debit air Kali Lamong terus naik hasil kiriman dari Benjeng dan Balongpanggang," ujarnya.
      
Tiga alat berat itu, dua dari Pemkab Gresik dan satu bantuan dari Surabaya. Normalisasi Kali Lamong untuk memperlancar aliran air dari Balongpanggang dan Benjeng.(N-1)

 

Baca Juga

Antara

Covid-19 Masih Naik, Jateng Tetap Gelar PTM 100 Persen

👤Akhmad Safuan 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 23:46 WIB
KASUS covid-19 di berbagai daerah di Jawa Tengah kembali meningkat dan kini telah mencapai 1.555 warga dirawat di rumah sakit maupun...
dok.ist

Nelayan Sulsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:56 WIB
TERIKNYA mentari di pesisir Matene tak menggoyahkan semangat komunitas nelayan di Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel menyatakan dukungan...
DOK MI.

Junjung Netiket, Jadi Pejuang Antihoaks

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:15 WIB
Di antara netiket yaitu kompetensi mengakses informasi sesuai netiket serta menyeleksi dan menganalisis informasi saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya