Kamis 04 November 2021, 21:29 WIB

Kematian Akibat HIV/AIDS Di Banggai Capai 88 Kasus

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Kematian Akibat HIV/AIDS Di Banggai Capai 88 Kasus

DOK MI
Ilustrasi

 

KASUS Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immunodeficiency Ayndrome (HIVC/AIDS) di Banggai, Sulawesi Tengah,  terus mengalami penaikan. Hingga kini, penyakit tersebut teleh merenggut 88 orang di Banggai.

Kasus HIV pertama kali terjadi di Banggai pada 2008 lalu. Tahun itu, dua kasus ditemukan melalui kegiatan sero survei HIV dan Infeksi Menular Seksual (IMS).

"Sekarang sudah ada 286 kasus HIV dan 182 kasus AIDS di Banggai. Dari dua penyakit itu 88 orang meninggal dunia," terang Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Banggai, Rampia Laamiri, Kamis (4/11).

Menurutnya, kasus HIV tersebar di 23 kecamatan di Banggai. Kasus terbanyak di Kecamatan Luwuk, Luwuk Selatan, dan Toili.

Rampia menilai, salah satu faktor tingginya kasus tersebut, karena Banggai merupakan daerah terbuka, mudahnya akses transportasi membuat mobilitas orang dari luar daerah ke Luwuk ibu kota Banggai tinggi, sehingga rawan penularan HIV/AIDS. Selain itu, berkembangnya industri hiburan seperti karaoke, kafe berdampak pada meningkatnya praktik prostitusi.

"Dan dalam penanganan kasus ini, terdapat sejumlah permasalahan. Seperti penderita hilang kontak dan banyak penderita yang belum mengakses obat ARV," ungkapnya.  

Selain itu, tambah Rampia, hampir semua Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Banggai belum mengakses pemeriksaan VL dan belum memiliki pendamping ODHA, serta beberapa ODHA belum memiliki KIS/BPJS atau KIS non aktif. "Itu semua tentu menjadi permasalahan dan membutuhkan kerjasama yangbaik dari semua pihak memutus penularannya," tandasnya. (OL-15)

Baca Juga

 ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Jaswita Jabar Kembangkan Objek Wisata Baru di Ciwidey

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:40 WIB
Hejo Forest menyajikan wisata alam di Kabupaten...
MI/Ruta Suryana

240 Siswa PAUD dan Orangtua Berkolaborasi Ikuti Lomba Kreativitas

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:38 WIB
Pada acara ini ada 3 kegiatan yang dilombakan. Yakni Lomba Peragaan Busana ke Pura, Lomba Simulasi Berlian, dan Lomba Menyajikan...
DOK MI

Polda NTT Tahan Istri Terdakwa Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak

👤Palce Amalo 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:34 WIB
POLDA Nusa Tenggara Timur (NTT) menahan Irawaty Astana Dewi Ua atau Ira, istri Randy Bajideh, terdakwa kasus pembunuhan ibu dan anak. Ira...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya