Kamis 28 Oktober 2021, 16:34 WIB

Rugi, Bus Damri Bandung Hentikan Operasi di Delapan Rute

Naviandri | Nusantara
Rugi, Bus Damri Bandung Hentikan Operasi di Delapan Rute

Antara/Novrian Arbi.
Sopir berjalan di depan bus yang tidak beroperasi di pool (pangkalan) Bus Damri, Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/10).

 

PERUM Damri Cabang Bandung mengentikan delapan rute yang biasa dilalui bus setiap hari. Penghentian operasi ini berlaku hari ini, Kamis (28/10), sampai batas waktu yang tak bisa ditentukan. 

Itu dilakukan untuk menekan kerugian perusahaan karena load factor yang kecil. Selama pandemi covid-19 perusahaan milik pemerintah itu mengalami kerugian hingga Rp220 miliar.

Sekretaris Perusahaan Damri Sidik Pramono menjelaskan mayoritas pelaku perjalanan di Bandung tidak menggunakan bus kota dalam bermobilitas. Itu yang menjadi salah satu alasan pihaknya menghentikan operasional sementara.

"Pelayanan bus kota di Bandung merupakan segmen komersial dan nonsubsidi sehingga Damri harus memperhitungkan keekonomian dalam menjalankan setiap kegiatan operasionalnya," kata Sidik di Bandung Kamis (28/10). Menurutnya, load factor yang kecil dan preferensi sebagian besar pelaku perjalanan di Bandung dalam bermobilitas yang tidak menggunakan bus kota menjadi dasar pertimbangan Damri untuk mengambil langkah tersebut demi keberlangsungan perusahaan.

Saat ini, kata Sidik, Damri masih terus mengevaluasi segmen-segmen usaha yang dijalankan. Rute yang disetop operasionalnya itu bisa kembali beroperasi seiring dengan evaluasi yang terus dilaksanakan. "Jika berdasarkan evaluasi tingkat keekonomiannya terpenuhi, kegiatan operasional bisa dijalankan kembali," ucapnya.

Pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memastikan pelayanan transportasi publik tidak terganggu, khususnya pada rute-rute operasi Damri yang dihentikan sementara. Di luar segmen bus kota, Damri Bandung tetap mengoperasikan secara normal segmen-segmen AKDP, AKAP, penugasan angkutan perintis, rute BRT Majalaya, dan angkutan disabilitas. 

"Saat ini hanya tiga rute bus Damri Bandung yang masih beroperasi yakni Jatinangor-Elang via tol, Cibiru-Kebon Kalapa, Alun-alun-Kota Baru Parahyangan," lanjutnya lagi. Delapan rute bus kota yang dihentikan sementara tersebut yakni Cicaheum-Cibeureum, Ledeng-Leuwipanjang, Dipatiukur-Leuwipanjang, Elang-Jatinangor via Cibiru, Dipatiukur-Jatinangor, Kebon Kalapa-Tanjung Sari, Cicaheum-Leuwipanjang, dan Alun-Alun Bandung-Ciburuy.

Baca juga: Kejagung Diminta Usut Dugaan Kasus Permainan Tender Proyek Pelabuhan di Tanjung Api-Api 

Menyikapi bus Damri berhenti beroperasi di Bandung Raya, termasuk Kota Bandung, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menyiagakan kendaraan bus sekolah untuk mengangkut para penumpang yang berada di rute Bandung. Sekretaris Dishub Kota Bandung Agung Purnomo mengatakan untuk dapat menggunakan bus sekolah, pihaknya bakal berkoordinasi dahulu dengan badan layanan umum daerah (BLUD) angkutan. (OL-14)

Baca Juga

dok.mi

Kasus Covid-19 di Kendal Tinggi, Kota Semarang Turun

👤Akhmad Safuan 🕔Selasa 07 Desember 2021, 10:20 WIB
KASUS ovid-19 di Kabupaten Kendal masih cukup tinggi terdapat 42 orang terpapar, Kota Semarang hanya menyisakan dua orang pasien...
AFP/Juni Kriswanto

Dukcapil Berkomitmen Ganti Dokumen Kependudukan Korban Erupsi Gunung Semeru

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 07 Desember 2021, 10:05 WIB
"Pelayanan bisa dilakukan setelah semua aman. Kita koordinasi dengan BPBD dari sana nanti memberi arahan kapan bisa masuk...
MI/Haryanto

Asfirla Janjikan Bantuan Teknologi Pengolahan Porang ke Banyumas

👤Haryanto 🕔Selasa 07 Desember 2021, 10:05 WIB
ANGGOTA Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah Asfirla Harisanto menjanjikan bantuan teknologi pengolahan porang di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya