Rabu 27 Oktober 2021, 17:55 WIB

Sistem Aplikasi Pendukung Diretas, Bank Jatim Pastikan Data Nasabah Aman

Faishol Taselan | Nusantara
Sistem Aplikasi Pendukung Diretas, Bank Jatim Pastikan Data Nasabah Aman

Ist
Ilustrasi

 

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. (Bank Jatim) memastikan keamanan data nasabah masih aman hingga saat ini. Ia menyatakan hal itu menanggapi beredarnya berita bahwa database Bank Jatim diretas.

Direktur TI & Operasi Bank Jatim Tonny Prasetyo menjelaskan bahwa bank Jatim telah bergerak cepat dan saat ini sedang melakukan proses  investigasi dan analisis forensik untuk mengkaji lebih dalam terkait berita tersebut.

"Hasil penelusuran awal mengindikasikan bahwa pelaku kejahatan cyber melakukan intrusi pada sistem aplikasi pendukung, bukan pada Core System Bank Jatim. Dengan kata lain, integritas data nasabah tetap terjaga dan para nasabah Bank Jatim bisa tetap tenang untuk melakukan transaksi keuangan perbankan," jelas Tonny di Surabaya, (27/10).

Dengan adanya berita tersebut, Tonny memastikan bahwa operasional dan layanan Bank Jatim tidak terdapat permasalahan dan tetap berjalan normal. "Bank Jatim juga terus menerus melakukan peningkatan perlindungan data perseroan agar tidak rentan terhadap kejahatan cyber," ungkap Tonny.

Nasabah juga tetap dapat memanfaatkan layanan e-channel bank Jatim seperti JConnect mobile banking dan JConnect internet banking untuk melakukan transaksi keuangan perbankan dengan cepat, mudah, dan aman.

Selama ini Bank Jatim juga telah melakukan mitigasi risiko terhadap serangan siber melalui kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menerapkan standard pengamanan sistem informasi. Saat ini Bank Jatim sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak yang terkait untuk proses investigasi dan penyelesaian masalah tersebut.

"Selanjutnya, Bank Jatim akan berkoordinasi dengan nasabah untuk memastikan layanan kepada nasabah tetap dapat dilakukan tanpa gangguan. Kami juga siapkan call centre untuk masalah ini," katanya. (OL-15)

Baca Juga

MI/DJOKO SARDJONO

Pandemi Covid-19 di Klaten Reda, Kasus Positif Nihil

👤Djoko Sardjono 🕔Kamis 02 Desember 2021, 22:05 WIB
Masyarakat diingatkan untuk tetap waspada, tidak euforia berlebihan, dan protokol pencegahan covid-19...
ANTARA

Tanah Longsor Dominasi Bencana Di Kuningan Sepanjang November

👤Nurul Hidayah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:56 WIB
TANAH longsor mendominasi kejadian kebencanaan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sepanjang November 2021. Masyarakat diminta untuk...
DOK MI

Polres Cimahi Bekuk Tukang Bubur Ayam Pengedar Obat Psikotropika

👤Depi Gunawan 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:47 WIB
SEORANG tukang bubur ayam berinisial Aa, harus berurusan dengan aparat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya