Jumat 22 Oktober 2021, 23:08 WIB

Siswa SMA ini Ikut Bantu Buka Akses Air Bersih di NTT 

ediaindonesia.com | Nusantara
Siswa SMA ini Ikut Bantu Buka Akses Air Bersih di NTT 

Dok. Pribadi
Penyediaan akses air bersih bagi komunitas Fatoin di NTT

 

AKSES terhadap air bersih di Nusa Tenggara Timur masih terbatas. Hal itu jadi temuan Carolene dan tim representatis Jakarta Intercultural School saat kunjungan ke Nusa Tenggara Timur pada 2019. Temuan itu didapat saat Carolene tengah mengerjakan proyek akses kesehatan atau klinik berjalan. 

Melihat fakta lain dalam kunjungan ke NTT tersebut, Carolene yang merupakan siswa Kelas XII JIS itu pun mengajak teman-temannya untuk memberikan bantuan seadanya bagi masyarakat NTT untuk mendapatkan akses air bersih lebih luas. 

Bak gayung bersambut, Carolene yang ketika kembali ke NTT sedang mengerjakan proyek pembangunan pascabanjir, bertemu dengan organisasi Solar Chapter. Organisasi itu fokus pada membantu masyarakat untuk mendapatkan akses ke air bersih. Carolene pun berkolaborasi mengusung program Water For Fatoin. 

Komunitas Fatoin di Nusa Tenggara Timur, memiliki jumlah penduduk 800 orang yang tersebar di beberapa dusun. Mayoritas mereka bekerja sebagai petani dan peternak.  

"Ironisnya, mereka yang setiap harinya bekerja dan menggantungkan hidupnya ke bertani dan beternak, justru kekurangan akses air bersih di kesehariannya," ujar Carolene. 

Untuk memulai proyek itu, Carolene dan teman-teman bersama Solar Chapter membuat proposal kegiatan dan pengajuan sponsor untuk donasi dan lainnya. Dengan kerja keras, akhirnya terkumpul sesuai target. 

Pada September 2021, Carolene dan timnya mewakili JIS pergi ke Fatoin, NTT untuk merealisasikan dan membuat proyek air bersih tersebut menjadi kenyataan.  

Baca juga : BUMD Jawa Barat Pasok Tangki Pertashop

Di hari pertama, mereka memfokuskan pekerjaan dan menentukan lokasi panel solar akan ditempatkan. Dipilih panel solar supaya lebih ramah lingkungan dan juga melihat kondisi disana lebih cocok. 

Dengan bantuan masyarakat disana, pekerjaan menjadi cepat selesai dan sistem air bersih bisa terpasang di hari kedua pekerjaan. 

Saat anak-anak di sana mengetahui sudah ada akses air bersih, mereka bersukacita, dan langsung mandi dan bermain air tanpa harus melalui akses jalanan yang sulit untuk menemukan sumber air bersih. 

"Hal seperti ini yang membuat merasa pekerjaan ini membuat hati penuh dan semua Lelah terbayarkan," ujar Carolene. 

Salah satu perwakilan anak menyampaikan rasa terima kasih ke JIS dan Solar Chapter dan disambut baik oleh Carolene dan tim. 

“Kami senang sekali melihat mereka senang, akses air bersih adalah hak hidup, dan kami senang bisa membantu mewujudkan ini untuk masyarakat Fatoin, NTT. Semoga ke depannya kami tetap bisa memberikan pergerakan positif untuk masyarakat lainnya, karena pasti masih banyak yang merasakan hal yang sama seperti yang dirasakan teman-teman kita di NTT," tutup Carolene. (RO/OL7)

Baca Juga

MI/Jamaah

Warga Lintas Agama di Juwana Galang Donasi untuk Penyintas Erupsi Gunung Semeru

👤Jamaah 🕔Rabu 08 Desember 2021, 10:00 WIB
Selain menerima donasi berupa uang tunai, posko FKUB juga menerima berbagai bantuan...
Ist/Pemprov Babel

Komisi Aparatur Sipil Negara Anugerahi Penghargaan kepada Pemprov Babel

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 08:46 WIB
Pengakuan tersebut ditunjukkan dalam penghargaan yang diberikan langsung oleh Ketua KASN, Agus Pramusinto Kepada Gubernur Babel Erzaldi...
MI/Ramdani

Hari Ini Presiden Jokowi Kunker ke Kalbar Tinjau Banjir

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 08 Desember 2021, 07:25 WIB
PRESIDEN Joko Widodo bertolak ke Kalimantan Barat (Kalbar) untuk meninjau lokasi yang terdampak bencana banjir di Kabupaten Sintang, Rabu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya