Kamis 14 Oktober 2021, 22:17 WIB

136 Tim Robot Ikuti Kontes via Daring

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
136 Tim Robot Ikuti Kontes via Daring

ANTARA FOTO/Basri Marzuki
Ilustrasi: Tim robotika Universitas Tadulako (Untad) mengamati robot pemadam api pada Kontes Robot Nasional 2020 secara daring

 

SEBANYAK 136 tim robot dari 59 perguruan tinggi mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021 yang digelar di Grha Sabha Pramana UGM, Kamis (14/10) hingga Sabtu (16/10). Mereka akan memperebutkan gelar juara nasional KRI 2021.

Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Puspresnas Kemendibudristek) Asep Sukmayadi menyampaikan KRI merupakan salah satu ajang di antara 18 ajang prestasi Dirjen Dikti yang diselenggarakan Puspresnas. Hanya saja, sejak pandemi, seluruh kegiatan kontes maupun festival diadakan secara daring.

Ia mengatakan KRI dilaksanakan secara bertahap mulai di tingkat wilayah yaitu wilayah I dan wilayah II yang telah berlangsung pada 22 September hingga 1 Oktober 2021. Lalu tim terbaik di tiap divisi dari tingkat wilayah diundang untuk kembali bersaing dalam laga final di KRI Nasional 2021.

Sekjen Kemendikbudristek Suharti menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh finalis KRI 2021. Para finalis ini merupakan tim-tim terbaik yang telah bertanding di tingkat wilayah masing-masing.

Ia pun menyampaikan terkait kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan mendorong mahasiswa tidak hanya unggul dalam bidang akademik saja. Namun menjadi individu kreatif, inovatif, berdaya saing dan mampu bekerja sama serta berkarakter kuat.

"Selamat berlomba dan bisa menampilkan karya terbaik," ucap Suharti secara daring.

Sementara Wakil Akademik Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan Prof. Djagal Wiseso Marseno mengatakan pada bulan Septermber 2021 telah berlangsung seleksi KRI tingkat wilayah. Saat ini terdapat 136 tim yang lolos ke tahap nasional. Tim tersebut terdiri dari 30 tim KRSBI Humanoid, 22 tim KRSBI beroda, 18 tim KRSTI, 42 tim KRSRI dan 24 tim KRTMI.

Baca juga: Santri MAN 1 Brebes Juarai Kontes Robot Nusantara

Djagal mengungkap bangganya UGM yang dipercaya menjadi tuan rumah ajang ini. Sejak seleksi tahap wilayah hingga nasional, pihaknya merasa bangga melihat usaha dan kerja keras para mahasiswa dalam memajukan IPTEK khususnya dalam bidang robotika.

KRI merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Puspresnas. Dalam penyelenggaraan kali ini, UGM dipercaya menjadi tuan rumah KRI tingkat wilayah dan nasional. Karena dilaksanakan di tengah pandemi, kompetisi diadakan secara daring oleh tim peserta di kampus masing-masing dan luring oleh juri dan panitia di GSP UGM.

Ketua Dewan Juri Prof. Benyamin Kusumoputro menyampaikan pihaknya telah menginstruksikan pemasangan kamera di titik-titik tertentu agar bisa memastikan perlombaan berjalan secara sportif.

"Fairplay jadi ruh. Kalau ada kecurangan kita beri hukuman, dari pengurangan poin hingga diskualifikasi," tuturnya.(OL-5)

Baca Juga

Ist

Dorong Home Stay Nyaman, Sandiaga Serahkan 42 Set Sprei untuk Pariwisata Berkelanjutan

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 13:56 WIB
Bila penginapan di lokasi wisata telah nyaman, para wisatawan akan berdatangan.  Bila sudah rutin ada kedatangan wisatawan,...
ANTARA/Tim Magang/Dela

Bendera Merah Putih Sepanjang 100 Meter Dibentangkan di Sungai Kapuas

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 13:45 WIB
Ada sekitar 300 orang yang terlibat dalam acara pembentangan Bendera Merah Putih untuk memperingati ulang tahun ke-250 Kota...
Medcom

Polisi Masih Berupaya Identifikasi Sejoli yang Tewas di Rumah Kontrakan di Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 11:52 WIB
"Kami masih melakukan penyeldikan terhadap dua mayat yang berada di dalam kamar di atas ranjang dan rencananya akan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya