Selasa 12 Oktober 2021, 21:45 WIB

Polres Tuban Kirim 40 Ribu Liter Air Bersih bagi Warga Perbukitan

M Yakub | Nusantara
Polres Tuban Kirim 40 Ribu Liter Air Bersih bagi Warga Perbukitan

ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar
Ilustrasi penyaluran air bersih

 

POLRES Tuban memberikan bantuan 40 ribu air bersih bagi warga sejumlah desa di Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban, yang mengalami krisis air bersih, Selasa (12/10) pagi.

Polres juga memberikan bantuan sembako bagi warga kawasan perbukitan yang tiap tahunnya mengalami bencana kekeringan. Musim kemarau panjang di kawasan tersebut mengakibatkan masyarakat di sejumlah desa di Kecamatan Grabagan mengalami kesulitan air bersih.

Terlebih, setelah sumur serta penampungan air milik mereka mulai mengering. Polres Tuban bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) menggelar bakti sosial dengan memberikan air bersih kepada warga terdampak.

Warga Desa Ngandong menyambut suka cita atas bantuan air bersih secara gratis tersebut. Warga juga mengantre dengan membawa sejumlah jerigen serta ember demi mendapatkan air bersih.

"Hari ini kita melaksanakan bakti sosial pembagian sembako dan air bersih di Desa Ngandong, desa yang posisinya berada diketinggian yang setiap tahun musim kemarau pasti mengalami kelangkaan air bersih karena sumber airnya yang terbatas," kata Kapolres Tuban AKBP Darman.

Baca juga: Awal Musim Hujan, BPBD Klaten belum Hentikan Pengedropan Air Bersih

Bersama pihak terkait, Polres Tuban mendistribusikan sebanyak 40 ribu liter air bersih untuk warga Desa Ngandong, Kecamatan Grabagan.

"Hari ini kita kirim 40 ribu liter air bersih, setidaknya bisa meringankan untuk kebutuhan air bersih, ini hanya sebagian kecil yang bisa kita berikan kepada masyarakat sini mudah-mudahan bisa bermanfaat dan mudah-mudahan bantuan air bersih ini merupakan yang terakhir, semoga tahun depan pompa air dari PDAM bisa difungsikan kembali seperti yang sudah dijelaskan kepala desa tadi," terangnya.

Kepala Desa Ngandong Suiswanto mengatakan sedikitnya ada 560 Kartu keluarga (KK) yang mengalami dampak dari kekeringan yang melanda tahun ini.

"Di sini ada sekitar 560 KK yang terdampak kekeringan, kami beserta warga desa sangat berterima kasih atas bantuan air bersih dari polres Tuban," ucap Suiswanto.

Ia menambahkan, sebenarnya ada aliran air dari PDAM, namun karena terkendala listrik akhirnya selama kurang lebih 10 bulan terakhir tidak bisa difungsikan.

"Tahun kemarin itu ada Hipam namun untuk 10 bulan terakhir tidak bisa beroperasi dikarenakan listriknya semakin lama semakin tidak kuat, untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari warga harus beli dengan harga 40 ribu per satu meter kubik," imbuhnya.

Selain air bersih, Polres Tuban juga memberikan bantuan sosial berupa sembako kepada masyarakat Desa Ngandong Kecamatan Grabagan.(OL-5)

Baca Juga

dok.ist

Kader dan Pengurus Partai Ummat di Batam Mengundurkan Diri Massal

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 08:30 WIB
KADER dan pengurus partai Ummat Kota Batam, Kepri mendeklarasikan pengunduran diri secara massal yang dilakukan di Lapangan WTB...
dok.mi

Dunia Terbalik, Anak Korban KDRT Lapor Polisi di Sumut Malah Jadi Tersangka

👤Yoseph Pencawan 🕔Senin 18 Oktober 2021, 06:25 WIB
ANAK korban KDRT di Pematangsiantar,Sumut laporkan ayahnya ke polisi malah ditetapkan sebagai tersangkai, kebetulan terlapor yang juga...
MI/Gabriel Langga

36 Petani Milenial di Maros Terima Dana Hibah Pemkab

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 05:00 WIB
Dana hibah itu disalurkan melalui Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya