Sabtu 02 Oktober 2021, 19:50 WIB

KPA Sikka Lacak 21 Pengidap HIV/AIDS Yang Mangkir Dari Pengobatan

Gabriel Langga | Nusantara
KPA Sikka Lacak 21 Pengidap HIV/AIDS Yang Mangkir Dari Pengobatan

DOK MI
Ilustrasi

 

SEBANYAK 21 orang pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) mangkir dari pengobatan yang sedang dijalani. Puluhan Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA) yang terdiri dari perempuan pekerja seks, waria, dan pria tersebut, sudah tiga bulan tidak berobat.

Pengelola Monev KPA Kabupaten Sikka, Mathilda Gonzali R. Putri kepada mediaindonesia.com, Sabtu (2/10) mengatakan ke-21 ODHA tersebut masuk kategori lost to follow up (LTFU). "Mereka ini sudah kabur. Mereka sudah tiga bulan secara berturut-turut tidak konsumsi obat antiretroviral (ARV)," ujar dia.

Ia menduga ke-21 ODHA ini sudah keluar dari Sikka. Mereka saat ini tidak lagi berada di rumah. Bahkan, KPA Sikka sudah menelepon mereka meminta untuk mengikuti pengobatan namun tidak direspon.

"Kita menduga mereka sudah keluar dari Sikka. Mereka yang kabur ini usianya produktif. Kita sudah berusaha melacak kemana-kemana namun tidak berhasil temukan. Kita juga sulit menghubungi mereka," papar dia.

Dengan kaburnya para 21 ODHA ini, Mathilda mengaku khawatir apabila mereka melakukan perilaku seks maka dapat menularkan HIV/AIDS kepada orang lain. "Ini yang kita khawatir saat ini," ujar Mathilda

Sementara itu, Sekretaris Komite Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Sikka Yohanes Siga mengaku pihaknya telah berusaha menghubungi ODHA yanga kabur. "Mereka berpotensi menjadi sumber penularan bagi warga lainnya bila melakukan hubungan seks," kata Yan Siga. (OL-15)

Baca Juga

dok.tagana Pangandaran

Delapan Santri Nurul Huda Terseret Ombak di Pangandaran, Tiga Wafat

👤Adi Kristiadi 🕔Kamis 07 Juli 2022, 13:45 WIB
DELAPAN santri Ikatan Remaja (Irema) Nurul Huda As Sayuti, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat terseret gelombang di TPI Legok Jawa, Pantai...
MI/Ardi.

Tim Sleman Temukan Belasan Rumah Makan Gunakan LPG 3 Kg

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Kamis 07 Juli 2022, 13:38 WIB
Usaha yang diperbolehkan menggunakan LPG 3 kg bersubsidi hanya berskala mikro, bukan kecil, menengah, dan...
Ist

Libatkan SMK, FIF Group Lanjutkan Penanaman 33 Ribu Pohon di Lombok

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 13:12 WIB
Bibit-bibit pohon yang ditanam kali ini terdiri dari bibit pohon ketapang kencana, mahoni, kayu putih, dan kepundung yang berasal dari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya