Sabtu 25 September 2021, 17:57 WIB

Jelang PON Papua, Kodam Cenderawasi Kebut Vaksinasi

Cahya Mulyana | Nusantara
Jelang PON Papua, Kodam Cenderawasi Kebut Vaksinasi

Kodam Cenderawasih
Vaksinasi oleh Kodam Cenderawasih

 

PEMBUKAAN Pekan Olahraga Nasional (PON) XX  2021 semakin dekat, yakni 2-15 Oktober. Guna menjaga gelaran ini dari klaster baru covid-19, Kodam XVII/Cenderawasih menggencarkan vaksinasi yang dilaksanakan di dua lokasi, yaitu di Kelurahan Argapura Selatan RT 04 dan Masjid Raya Baiturrahim Klofkamp Jayapura, Papua.

Kepala Kesehatan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Ckm dr. I Nyoman Linggih mengatakan bahwa kegiatan serbuan vaksinasi ini merupakan arahan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono. Tujuannya agar masyarakat yang berada di Provinsi Papua terhindar dari penyebaran virus Covid-19 serta dapat menambah kekebalan tubuh dan untuk mendukung penyelenggaraan PON XX tahun 2021.

"Kegiatan ini merupakan arahan langsung dari Bapak Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono M.A untuk melaksanakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat di Provinsi Papua khususnya di 4 klaster PON XX yang akan dibuka beberapa saat lagi. Selain untuk memutus penyebaran Covid-19, kegiatan vaksinasi ini juga bertujuan agar masyarakat yang telah divaksin dapat melihat secara langsung pertandingan yang dilaksanakan," ucapnya dalam keterangan resmi, Sabtu (25/9).

Menurut dia, Kodam XVII/Cenderawasih menargetkan 70% masyarakat Papua sudah divaksin sebelum perhelatan PON XX dibuka. Hingga saat ini vaksinasi di Kabupaten Merauke sudah mencapai 66%, Kota Jayapura 63% dan di Kabupaten Keerom di atas 50%.

"Maka dari itu, kami berharap dalam seminggu ini bisa mencapai target tersebut sebelum PON XX dibuka,“ katanya.

Ia mengatakan vaksinasi di dua lokasi tersebut melibatkan tim vaksinator dari Kesehatan Polda Papua serta Kodam XVII/Cenderawasih. Kegiatan vaksinasi ini diikuti oleh kurang lebih 250 orang. "Di samping itu Kodam XVII/Cenderawasih juga menggunakan strategi door to door agar hasilnya lebih maksimal,” tuturnya.

Ketua RT 04 Kelurahan Argapura Isak Sibi mengatakan seluruh masyarakatnya sangat mendukung kegiatan vaksinasi ini. “Kami sangat mendukung program vaksinasi ini sebab kegiatan ini merupakan upaya yang tepat untuk menjaga diri dan keluarga sehingga terhindar dari bahaya Covid-19,“ ungkapnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/Depi Gunawan.

10 Orang Meninggal Dunia akibat DBD di Cimahi

👤Depi Gunawan 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 14:25 WIB
Dari 10 kasus meninggal akibat DBD didominasi usia...
MI/Kristiadi

Polisi Gencar Gelar Vaksinasi, Kasus Covid-19 di Kota Tasikmalaya Melandai

👤Kristiadi 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 12:59 WIB
Wali Kota Tasikmalaya Muhammad Yusuf mengatakan, berdasarkan hasil laporan yang diterimanya, tinggal satu orang yang menjalani isolasi di...
MI/Tosiani

Peserta Kuliah Tatap Muka Untidar Gunakan Sipadu dan Screening Aplikasi Peduli Lindungi

👤Tosiani 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 12:49 WIB
Tujuan pemberlakuan ketentuan ini untuk memastikan bahwa mahasiswa yang masuk ke dalam lingkungan kampus adalah mahasiswa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya