Jumat 24 September 2021, 23:58 WIB

Sandiaga Pesan 120 Kain Tenun Bali untuk G20

Ant | Nusantara
Sandiaga Pesan 120 Kain Tenun Bali untuk G20

Antara
Sandiaga memesan kain tenun Bali

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memesan 120 kain tenun yang diproduksi perajin di Desa Tenganan, Kabupaten Karangasem, Bali. Kain tenun ikat yang dipesan tersebut rencananya akan dihadiahkan kepada para pemimpin dunia yang hadir pada perhelatan G20 yang rencananya akan dilaksanakan di Bali.

"Kemenparekraf memesan 120 kain tenun untuk perhelatan G20. Jadi tahun depan sudah siap untuk dihadiahkan kepada para pemimpin dunia G20," ujar Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Tenganan Pegringsingan, Bali, Jumat (24/9).

Saat mengunjungi desa wisata dalam rangkaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tersebut, Menparekraf meninjau aktivitas warga setempat yang memproduksi kain tenun Gringsing khas Tenganan dan berbincang dengan para perajin.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, perajin mengeluhkan omset transaksi penjualan kain tenun yang menurun selama pandemi. "Tenun ini adalah tenun yang legend dan ikonik sehingga saya ingin mendorong. Semoga pesanan ini menjadi penyemangat ibu-ibu penenun sekaligus bisa membantu para perajin di sini," katanya.

Ia menambahkan, selain untuk membantu kondisi perekonomian masyarakat setempat yang terdampak pandemi, pesanan 120 kain tenun tersebut diharapkan juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi para warga.

"Untuk pengerjaan pesanan 120 kain tenun ini ada sekitar 400 orang yang mengerjakannya. Ada 400 lapangan kerja terbuka dari kunjungan kita dan mudah-mudahan lebih banyak lagi kunjungan ke Desa Tenganan," ungkap mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain itu, Menparekraf juga berencana akan mengajak tamu dan delegasi untuk nantinya dapat melakukan kunjungan ke Desa Wisata Tenganan Pegringsingan dalam rangkaian G20 tahun depan.

"Desa Wisata Tenganan Pegringsingan ini bisa dibilang sudah berkelas dunia dan sudah dikenal oleh seluruh dunia. Peserta G20 akan saya ajak ke Desa Tenganan ini," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/Haryanto

Semen Gresik Gelar Istihosah Bersama Santri di Rembang

👤Haryanto 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 12:30 WIB
PT.SEMEN Gresik (PTSG) melalui program SG Sahabat Santri menggelar dua kegiatan sekaligus yaitu peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW...
MI/Widjajadi

Klaster Covid-19 PTM di Solo ditemukan di SD dan SMP

👤Widjajadi 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 12:23 WIB
PEMBELAJARAN Tatap Muka (PTM) di Kota Solo memunculkan klaster covid-19 baru...
Masjid Kudus

Satpol PP Kudus Ingatkan Jangan Beri Uang pada Pengemis Atau Didenda

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 12:04 WIB
Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kudus, Jawa Tengah mengingatkan masyarakat agar tidak memberikan uang kepada pengemis maupun...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya