Rabu 18 Agustus 2021, 20:13 WIB

Gaungkan Gelaran PON XX Papua, PB PON Papua Luncurkan Aplikasi Papua Tourism

Ghani Nurcahyadi | Nusantara
Gaungkan Gelaran PON XX Papua, PB PON Papua Luncurkan Aplikasi Papua Tourism

Do. PB PON Papua
Peluncuran Aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai Papua

 

MENDUKUNG dan menyukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XX Tahun 2021 Provinsi Papua, Bidang Sosial Budaya Pengurus Besar (PB) PON meluncurkan Aplikasi Papua Tourism dan Gerai Honai Papua, 

Kedua program tersebut adalah wujud dari hasil identifikasi dan inventarisasi potensi budaya dan objek wisata yang berada di 4 cluster PON XX Papua yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke, termasuk 2 wilayah buffer ; Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Jayawijaya. 

Ketua Harian PB PON Papua Yunus Wonda mengatakan, aplikasi Papua Tourism bertujuan untuk mengenalkan dan mempromosikan seluruh objek wisata yang ada di 4 cluster PON XX Papua baik itu wisata alam, wisata budaya maupun wisata sejarah dan sebagai  E-Commerce Penjualan Produk Budaya secara online.  

Baca juga : Bantu Masyarakat di Pelosok, Kopnuspos Bentuk AgenOren

"Sedangkan tujuan program Gerai Honai Papua adalah mengenalkan dan memasarkan semua hasil produk budaya dari 4 cluster PON XX Papua, seperti ; Anyaman (tas / noken), Ukiran, Lukisan Kulit Kayu, Gerabah dan Kuliner Lokal secara online melalui Aplikasi Papua Tourism dan secara langsung di Gerai Honai Papua, kepada seluruh atlet, official dan tamu undangan yang akan datang ke Papua dalam pelaksanaan PON di bulan Oktober mendatang," katanya dalam peluncuran secara virtual, Rabu (18/8).

PB PON juga meluncurkan kanal media sosial resmi Papua Tourism, Koordinator Sosial Budaya PB PON Saptinus Saa berharap lewat aplikasi Papua Tourism, Gerai Honai Papua serta Sosial Media papua tourism, semua produk budaya yang dibuat oleh masyarakat Papua di 5 wilayah adat/budaya yang tersebar dalam 4  zona ekologi di Papua dapat memanfaatkannya untuk menjual hasil karya mereka.

"Sehingga dapat  menjadi sumber penghasilan dan meningkatkan ekonominya selama pelaksanaan PON. Dengan demikian 3 sukses dalam pelaksanaan PON XX Papua, terutama sukses Ekonomi dapat terealisasi melalui kedua program dari Bidang Sosial Budaya ini," ujar Saptinus. (RO/OL-7)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Sandiaga Bantu Pemuda di Kulon Progo yang Manfaatkan Limbah Jagung

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 01:23 WIB
Sandiaga pun berdialog dengan Ade. Sebab, pemuda tersebut bisa memanfaatkan limbah jagung menjadi produk yang...
DOK.MI

3 Tersangka Kasus Korupsi Pembangunan Pagar Puskesmas di NTT Ditahan

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:25 WIB
Anggaran proyek itu bersumber dari Dinas Kesehatan Rote Ndao sebesar Rp1,120...
Dok. Pribadi

Sandiaga Berikan Bantuan Seniman Tari Surakarta Kembangkan Bakatnya

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:17 WIB
Dalam kesempatan itu, Dzari mengatakan tarian goleknya belum memiliki musik pengiring. Sebab Dzari terkendala biaya untuk menyewa gamelan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya