Selasa 17 Agustus 2021, 18:12 WIB

Pemkot Dan Pemkab Malang Pindahkan Pasien Covid-19 ke Isoter

Bagus Suryo | Nusantara
Pemkot Dan Pemkab Malang Pindahkan Pasien Covid-19 ke Isoter

DOK MI
Ikustrasi

 

PEMERINTAH daerah di Kota Malang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur, memindahkan warga penderita Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri (isoman) ke isolasi terpusat (isoter). Upaya itu untuk menekan penularan covid-19.

"Petugas sudah bergerak sejak beberapa hari ini menjemput warga isoman door to door. Mereka dipindahkan ke isoter agar cepat sembuh," tegas Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko akrab disapa Bung Edi, Selasa (17/8).

Menurut Bung Edi, isoman berpotensi menulari anggota keluarga. Karena itu, Pemkot Malang menekankan pentingnya perawatan terpusat guna memutus mata rantai penularan. Sampai kini, petugas puskesmas terus bergerak mendata dan menangani pasien di RT dan RW. Sesuai data Dinkes sekitar 1.416 warga isoman tersebar di lima kecamatan.

Sedangkan ketersediaan tempat tidur isoter sebanyak 347 unit di tiga lokasi dengan 27 tenaga kesehatan, yaitu safe house Kawi, SKB Pandanwangi, VEDC dan Rusunawa Tlogowaru. Begitu ada yang sembuh,  petugas langsung mengisi tempat tidur dengan pasien lainnya.

Berbagai upaya sudah dilakukan, penanganan pandemi di Kota Malang pun berhasil meningkatkan kesembuhan semula 65% saat PPKM darurat menjadi 78% ketika PPKM level 4. Kasus positif covid-19 pun menurun, semula mencapai 2.049, kini 476 kasus. Tracing, testing dan treatment ditingkatkan. Sejak awal PPKM darurat sampai sekarang sebanyak 18.116 spesimen.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Malang juga gencar memindahkan warga isoman ke isoter kecamatan. Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto menyatakan semula warga memilih perawatan di rumah masing masing. Setelah petugas terus melakukan pendekatan secara humanis, pasien isoman mulai bersedia dirawat terpusat.

"Kami meminta semua pihak termasuk RT dan RW ikut menjelaskan pentingnya isolasi terpusat," katanya. Sesuai data Dinkes Kabupaten Malang, ada 99 tempat tidur di isoter tersebar di 33 kecamatan. Kini, terisi 79 pasien dari total isoman mencapai 1.022 orang. (OL-15)

Baca Juga

AFP/JUNI KRISWANTO

BNPB Berkoordinasi dengan Panglima TNI untuk Tangani Erupsi Gunung Semeru

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 05 Desember 2021, 06:22 WIB
Pada Sabtu (4/12) sore, Gunung Semeru, yang berada di wilayah Provinsi Jawa Timur, mengalami guguran awan...
ANTARA/Muhammad Sidkin Ali

BNPB Kirimkan Tim Reaksi Cepat dan Logistik untuk Penanganan Erupsi Gunung Semeru

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 05 Desember 2021, 05:28 WIB
Kepala BNPB akan menuju ke Kabupaten Lumajang untuk memastikan penanganan darurat bencana secara cepat dan tepat, khususnya evakuasi dan...
Antara/STR

Kemenkes : Sebagian Korban Erupsi Gunung Semeru Alami Luka Bakar 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 23:45 WIB
"Korban dari lapangan terpantau bahwa sebagian adalah luka bakar," kata Eka Jusuf...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya