Kamis 05 Agustus 2021, 16:31 WIB

Helikopter Water Boombing Mulai Beroperasi di Kalsel

Denny Susanto | Nusantara
Helikopter Water Boombing Mulai Beroperasi di Kalsel

ANTARA FOTO/Makna Z
Ilustrasi helikopter BNPB melakukan water boombing

 

HELIKOPTER water boombing bantuan BNPB jenis MI8-MTV mulai beroperasi memadamkan kebakaran hutan dan lahan di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan. Jumlah titik api yang muncul di Kalsel bertambah menjadi 866 titik api.

"Hari ini helikopter water boombing mulai beroperasi memadamkan kebakaran di wilayah Angkinang dan Labuan Amas, Hulu Sungai Tengah," tutur Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Provinsi Kalsel Abriansyah Alam, Kamis (5/8).

Dikatakan Abriansyah, saat ini Satgas udara Kalsel dilengkapi satu unit helikopter patroli jenis PK-RTJ Robinson dan satu unit heli water boombing jenis MI8-MTV bantuan BNPB dengan pilot Syadikul Sadykovasal Rusia.

Data BMKG Kalsel stasiun meteorologi kelas II Syamsuddin Noor menyebutkan terpantau 18 titik api di sejumlah wilayah Kalsel pada Kamis (5/8). Titik tersebut antara lain Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Banjar dan Banjarbaru.

Baca juga:  BPBD Kalsel Bangun Posko Siaga Karhutla

Kasi Karhutla Dinas Kehutanan Kalsel Bambang mengatakan hingga saat ini jumlah titik api yang muncul di Kalsel mencapai 866 titik dengan luas areal terbakar sekitar 150 hektare. Sementara data Kementerian LHK (SiPongi) mencatat luas areal terbakar di Kalsel sepanjang 2021 seluas 876 hektare.

Informasi dihimpun Media, luas kebakaran di wilayah Hulu Sungai Tengah pada Kamis (5/8) seluas kurang lebih 20 hektare. Sejak beberapa waktu terakhir Satgas darat dan udara harus berjibaku memadamkan karhutla di wilayah Kalsel.(OL-5)

Baca Juga

MI/Amiruddin Abdullah Reubee

USK dan Pemkab Aceh Selatan Kerja Sama Peta Risiko Bencana

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 09:16 WIB
"Dokumen Kajian Risiko Bencana (KRB) Banjir Aceh Selatan yang akan dibuat ini sepenuhnya untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat...
MI/Seno

Penanganan Stunting Jadi Prioritas Pemprov Kalsel

👤Denny Susanto 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:41 WIB
Berdasarkan data hasil Studi Status Gizi Indonesia pada 2021, prevalensi stunting di Kalsel mencapai 33,08% atau berada pada urutan 6...
MI/Hendra

Menyelamatkan Danau Maninjau, Objek Wisata Unggulan di Agam

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 08:00 WIB
Kondisi fisik dan ekologi danau kini telah mengalami degradasi atau penurunan, sehingga perlu pengelolaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya