Kamis 05 Agustus 2021, 08:40 WIB

BMKG Ingatkan Satgas Tetap Waspada Karhutla meski Riau Hujan

Muhammad Fauzi | Nusantara
BMKG Ingatkan Satgas Tetap Waspada Karhutla meski Riau Hujan

Antara
Ilustrasi

 

BADAN Meteoroligi dan Klimatologi (BMKG) mengingatkan kepada Satgas Karhutla Riau untuk mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan kendati beberapa hari ini terjadi hujan ringan hingga sedang di wilayah Provinsi Riau.

"Hingga bulan September mendatang, kondisi cuaca di wilayah Riau masih masuk musim kemarau dan hujan yang mengguyur dalam beberapa hari ini merupakan pola hujan equatorial, hujan akan turun di saat terjadi musim kemarau dalam setiap bulannya," kata Kasi Data BMKG Pekanbaru, Marzuki, dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis (5/8).

Dia mengatakan, dalam beberapa hari ini memang hujan terjadi di beberapa wilayah Riau, namun hujannya ringan hingga sedang, tidak hujan yang lebat. Saat ini wilayah Riau masih masuk musim kemarau hingga bulan September 2021.

Ia menyebutkan, puncak musim kemarau di Riau itu terjadi pada Juni dan Juli 2021 akan tetapi harus tetap waspada terhadap potensi terjadinya karhutla, karena wilayah Riau mudah sekali terjadi karhutla.

"Hujan yang terjadi di Riau merupakan hujan equatorial, meskipun musim kemarau, tetap saja ada hujan setiap bulannya, tapi hujannya tidak lebat hanya ringan dan sedang, bahkan hanya terjadi hujan lokal. Berbeda dengan di daerah Jawa, dimana musim kemarau panjang dan tidak ada turun hujan," katanya.

Dijelaskan Marzuki, untuk musim hujan di wilayah Riau, akan terjadi pada Oktober hingga Desember 2021. Hujan turun terjadi mulai dari sedang hingga lebat namun, pada September juga akan terjadi hujan mulai dari ringan hingga sedang. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Angka Kematian Covid-19 Tertinggi di Jawa Tengah, Tiga Kalinya Jawa Barat

Baca Juga

Dok. Hutama Karya

Kolaborasi Hutama Karya-BWA Renovasi Surau di Salah Satu Desa Terpencil di Sumbar 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:28 WIB
Surau ini menjadi satu-satunya tempat sarana ibadah masyarakat dan tempat anak-anak untuk belajar mengaji dan menghafal...
DOK MI

Pemkab Cirebon Gencarkan Percepatan Vaksinasi Covid-19

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:24 WIB
CAPAIAN vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat baru mencapai 34 persen. Untuk menurunkan level PPKM, percepatan vaksinasi...
MI/Djoko Sardjono

Kodim Klaten Salurkan Bantuan BTPKLW

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:16 WIB
KODIM 0723 Klaten, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan tunai pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW). Penyerahan bantuan berlangsung di Aula...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya