Rabu 04 Agustus 2021, 06:46 WIB

Gempa Bumi Magnitudo 5,2 Guncang Tambolaka

Muhammad Fauzi | Nusantara
Gempa Bumi Magnitudo 5,2 Guncang Tambolaka

dok.mi
Alat deteksi gempa bumi

 

GEMPA bumi bermagnitudo 5,2 mengguncang wilayah Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (4/8) dinihari.
 
Menurut laman resminya Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang terpantau di Jakarta, menyebutkan gempa bumi terjadi pukul 02.44 WIB itu tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa terjadi di 9.30 Lintang Selatan (LS) - 119.32 Bujur Timur (BT) berada di laut pada kedalaman 28 kilometer atau berada 18 kilometer Timur Laut Tambolaka.
 
Gempa bumi itu dirasakan dalam skala MMI III-IV Tambolaka dan III Waikabubak.
 
Skala Modified Mercalli Intensity (MMI) III berarti getaran gempa dirasakan nyata dalam rumah dan seakan-akan ada truk berlalu.

Adapun skala MMI IV dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.
 
Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan magnitudo 3,3 mengguncang wilayah timur laut Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Selasa malam (3/8) pukul 20.40 WIB.
 
Pusat gempa yang terjadi di 8.11 derajat Lintang Selatan dan 124.65 Bujur Timur itu berada di laut pada kedalaman 16 kilometer,
 
Gempa bumi kerap terjadi di Indonesia karena negara kepulauan terbesar di dunia ini terletak di jalur Cincin Api Pasifik.
 
Sejumlah wilayah Indonesia pernah dihantam gempa besar. Salah satunya adalah Provinsi Aceh yang pernah dilanda gempa dahsyat dengan magnitudo 9,0 pada 26 Desember 2004.
 
Gempa 2004 yang berpusat di Samudera Hindia pada kedalaman sekitar 10 km dan terjadi sekitar 149 kilometer sebelah barat Meulaboh itu diikuti dengan gelombang tsunami setinggi sekitar 20 meter.
 
Bencana dahsyat yang menewaskan lebih dari 200 ribu orang ini tidak hanya menyisakan duka bagi rakyat Aceh namun juga bagi banyak warga masyarakat di negara-negara seperti Thailand, India, dan Sri Lanka. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Perbaiki Administrasi Penyidikan, Kejati Sulawesi Tenggara Kejar La Ode Sinarwan Oda

Baca Juga

dok.ist

Nelayan Sulsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:56 WIB
TERIKNYA mentari di pesisir Matene tak menggoyahkan semangat komunitas nelayan di Tanete Rilau, Kabupaten Barru, Sulsel menyatakan dukungan...
DOK MI.

Junjung Netiket, Jadi Pejuang Antihoaks

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:15 WIB
Di antara netiket yaitu kompetensi mengakses informasi sesuai netiket serta menyeleksi dan menganalisis informasi saat...
MI/Supardji R

Jadi Tersangka Kasus Kematian Brigadir J, Rumah Bripka RR di Tegal Sepi

👤Supardji Rasban 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:10 WIB
Terakhir, Nurwanda melihat RR pulang pada Lebaran lalu. Rumah RR hanya ditempati oleh istri dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya