Minggu 01 Agustus 2021, 14:52 WIB

Rumah Sehat di Surabaya Dimanfaatkan buat Isoman

Faishol Taselan | Nusantara
Rumah Sehat di Surabaya Dimanfaatkan buat Isoman

ANTARA
Isolasi Mandiri

 

RUMAH sehat yang disiapkan Pemerintah Kota Surabaya mulai terisi oleh mereka yang terpapar Covid -19 tanpa gejala. Rumah sehat memanfaatkan sejumlah fasilitas milik Pemkot Surabaya, seperto sekolah.

"Ruang isolasi mandiri ini disiapkan atas dasar gotong-royong demi melindungi dan menyelamatkan warga," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita di Surabaya, Minggu (1/8).

Baca juga: Gubernur Babel Akui Hadapi Berbagai Kendala Saat Penerapan PPKM

Menurutnya, saat ini setidaknya ada 6 rumah sehat yang sudah mulai dimanfaatkan oleh warga. Salah satunya berada di SDN Tambaksari III dan SMPN 29 Surabaya.

"Kapasitas rumah sehat totalnya sekarang sekitar 2.346. Untuk yang sudah beroperasi dan berpenghuni itu ada enam rumah sehat. Jadi, sudah ada yang memafaatkan," ujarnya.

Setiap harinya petugas puskesmas melakukan pemeriksaan kesehatan warga yang menjalani perawatan di rumah sehat. Petugas rutin memeriksa kondisi fisik hingga saturasi oksigen warga. 

"Setiap hari pukul 13.00 WIB petugas puskesmas selalu memeriksa kesehatan fisik dan saturasi warga yang ada di rumah sehat itu," ungkap dia.

Meski demikian, sebelum warga menjalani perawatan di rumah sehat, pihak puskesmas melakukan skrining atau pemeriksaan. Screening dilakukan untuk menentukan apakah kondisi fisik warga itu layak untuk menjalani perawatan di rumah sehat.

"Jadi sebelum masuk ke rumah sehat petugas puskesmas melakukan pemeriksaan kondisi fisik pasien secara medis, apakah layak masuk ke rumah sehat atau harus ke rumah sakit," jelasnya.

Pihaknya pun berharap, adanya rumah sehat ini membuat warga di wilayah kelurahannya semakin peduli dan disiplin terhadap protokol kesehatan. Utamanya, peduli terhadap tetangga di sekitar yang terdampak pandemi Covid-19.

"Harapan saya itu dengan kondisi seperti ini warga juga makin paham dan peduli dengan protokol kesehatan agar pandemi ini bisa segera hilang," katanya. (OL-6)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

Pembebasan Lahan Kini Tak Lagi Ganti Rugi, tapi Ganti Untung

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Minggu 26 September 2021, 14:33 WIB
Istilah ganti  rugi dalam proyek pembebasan lahan kini berubah menjadi ganti untung karena banyak orang jadi miliarder setelah...
MI/Djoko Sardjono

Kasus Covid-19 Klaten Melandai, Masyarakat Diminta Tetap Waspada

👤Djoko Sardjono 🕔Minggu 26 September 2021, 13:47 WIB
Jumlah kasus covid-19 di Klaten total mencapai 34.633 orang. Dari jumlah itu, 31.670 orang sembuh, 2.907 meninggal, dan 56...
MI/Alexander P Taum.

Siswa Lembata Korban Badai Seroja Jalani PTM di Bawah Pohon

👤Alexander P Taum 🕔Minggu 26 September 2021, 11:50 WIB
Tampak tenda bantuan berwarna putih sudah mulai koyak. Debu tebal menempel di dinding tenda...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya