Jumat 30 Juli 2021, 14:39 WIB

Kebakaran Landa Sejumlah Lahan di Pesisir Selatan

Yose Hendra | Nusantara
Kebakaran Landa Sejumlah Lahan di Pesisir Selatan

Antara/Nova Wahyudi.
Ilustrasi.

 

API membakar lahan gambir dan lahan kosong di wilayah Kampuang Ujuang Batu, Kenagarian Taluak, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, mulai Kamis (29/7) siang. Hingga saat ini masih ada gumpalan asap.

Kapolres Pesisir Selatan Ajun Komisaris Besar Sri Wibowo mengatakan, lokasi kebakaran lahan terletak di perbukitan yang berjarak 30 meter dari jalan raya Bukit Taratak Kampung Ujuang Batu Kenagarian Taluak. Kebakaran tersebut menghanguskan lebih kurang 10 hektare.

Kerugian materiil lebih kurang Rp20 juta. "Dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa," tukasnya, Jumat (30/7).

Saat ini personel gabungan dari Polres Pessel, pemadam kebakaran, SAR, dan pihak terkait masih berada di lapangan untuk memadamkan api di lahan tersebut. Sri Wibowo mengimbau masyarakat sekitar agar berjaga malam ini melihat perkembangan api dan pemadaman yang sedang berlangsung. Bagi pengendara yang melewati lokasi, ia imbau untuk selalu hati-hati karena jarak pandang yang terganggu.

Selain itu, dalam sehari kemarin, juga terjadi kebakaran dua titik di kampung Pulau Pandan Nagari Sungai Tunu Barat, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan. Peristiwa kebakaran itu terjadi di toko Eris dan tempat pengolahan sabut kelapa.

Kerugian di toko Eris Lebih kurang Rp60 juta dan tempat pengolahan sabut kelapa sekitar Rp40 juta. Kapolsek Ranah Pesisir Iptu Abdi Yanuardi menjelaskan pihaknya masih mendalami penyebab dari kebakaran ini. 

Baca juga: Petani Jambu Mete Gagal Panen akibat Abu Vulkanik Gunung Sirung

"Untungnya peristiwa itu tidak menelan korban jiwa," katanya. Menurutnya, cuaca yang terik dan hembusan angin kencang diduga memicu kebakaran akhir-akhir ini. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/JOKO SULISTYO

BMKG DIY: Waspada Hujan Sedang-Lebat dan Angin Kencang

👤Agus Utantoro 🕔Minggu 26 September 2021, 10:33 WIB
Hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai angin kencang, petir atau kilat dapat terjadi di wilayah Sleman dan Kulonprogo...
Dok.Polri

Tiba di Oksibil, Pengungsi Kiwirok Diberikan Trauma Healing 

👤Hilda Julaika 🕔Minggu 26 September 2021, 10:27 WIB
Trauma Healing tersebut dibuka dengan Doa bersama dan diteruskan dengan Permainan yang menghibur...
Antara/Kornelis Kaha.

Warga Takut Vaksinasi, Bidan Desa di Lembata Datangi Kebun-Kebun

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 10:20 WIB
Warga penyintas badai Seroja di Lembata itu mengaku takut efek dari vaksin Astrazeneca yang diisukan akan berdampak buruk bagi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya