Rabu 21 Juli 2021, 18:21 WIB

Jalur Kereta Menuju Bandara Internasional Yogyakarta Hampir Rampung

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
Jalur Kereta Menuju Bandara Internasional Yogyakarta Hampir Rampung

ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Ilustrasi jalur kereta api

 

JALUR kereta api menuju Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) di Kulonprogo telah diuji coba pada Senin (19/7). Jalur ini akan menghubungkan Stasiun Kedundang Kulonprogo dengan BIY yang berjarak sekitar 5,3 kilometer.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Pengembangan Perkeretaapian Area 1, Balai Teknik Perkeretaapian Kelas 1 Wilayah Jawa Bagian Tengah, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan Dheky Martin menjelaskan pembangunan jalur rel kereta api tersebut mencapai 96,35%.

"Kami melakukan uji coba untuk mengetahui kemampuan jalur rel pada titik-titik kritis atau lengkung yang dilewati serta kecepatan optimal kereta angkutan," kata Dheky, Senin (19/7).

Baca juga: 400 UMKM di Dua Bandara Yogyakarta Dapat Sertifikasi TKDN Gratis

Uji coba dilakukan dengan menggunakan kereta lokomotif dan kereta rel diesel eletrik (KRDE) secara bergantian. Kecepatan masing-masing 20-40 km/jam dan 40-60 km/jam. Pihaknya segera melakukan evaluasi setelah uji coba dilaksanakan.

Proyek pembangunan jalur kereta yang melayang (elevated) ini sudah dimulai sejak Desember 2019 dengan anggaran mencapai Rp1,1 triliun. Rencananya, jalur rel akan mulai difungsikan pada Agustus 2021.

Sementara itu, PTS General Manager Bandara YIA Agus Pandu menilai positif terkait hampir selesainya pembangunan jalur kereta bandara. Menurut dia, kereta bandara membuat pengguna BIY memiliki lebih banyak opsi untuk mengakses BIY.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA/Bayu Pratama S

Kasus Covid-19 Masih Tinggi, PPKM Level 4 di Kalsel Diperpanjang

👤Denny Susanto 🕔Selasa 03 Agustus 2021, 06:31 WIB
Kota Banjarmasin, ibu kota provinsi Kalsel tersebut, menjadi penyumbang kasus terbanyak yaitu 12.663 kasus bersama Kota Banjarbaru sebanyak...
Dok. Pribadi

Mengenal Sosok Kompol Andri Kurniawan, Reserse Peraih Sejumlah Penghargaan

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Senin 02 Agustus 2021, 22:42 WIB
Bermodalkan ilmu yang ia dapat selama masa pendidikan, Andri lebih dominan bertugas di satuan reserse. Tak heran, selama berada di Polda...
Antara

Tercapai 63 Persen, Warga Batam Butuh Pasokan Vaksin Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 02 Agustus 2021, 21:00 WIB
Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, belum berhasil mencapai target vaksinasi dosis pertama terhadap 70 persen warga sasaran pada akhir...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ini Adalah Pekerjaan Kita

POLDA Metro Jaya menggelar program Vaksinasi Merdeka dengan target seluruh warga DKI Jakarta sudah menerima vaksin covid-19 tahap pertama pada 17 Agustus 2021.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya