Rabu 21 Juli 2021, 11:22 WIB

DPD Partai Nasdem Brebes Sosialisasikan Pupuk KSM ke Petani

Supardji Rasban | Nusantara
DPD Partai Nasdem Brebes Sosialisasikan Pupuk KSM ke Petani

MI/Supardji Rasban
Petani di Desa Tengguli, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mendengarkan sosialisasi pupuk KSM dari kader Partai NasDem Tarwanto.

 

DEWAN Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, terus melakukan sosialisasi pupuk Komunitas Saling Membantu (KSM) ke petani di wilayah daerah Brebes. Petani pun selalu menyambut antusias sosialisasi soal pupuk KSM dan cara penggunaannya.

Kali ini, sosialisasi dilakukan kepada petani tanaman bawang merah di Desa Tengguli Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes. beberapa hari yang lalu.               

Sosialisasi pupuk KSM dilakukan langsung di areal tanaman bawang merah tempat para petani dan juga buruh tani sedang berada.

Baca juga: Aruh Bawanang Ungkapan Syukur Hasil Panen Suku Dayak Meratus

Dalam paparannya, Tarwanto, yang merupakan pengusaha sekaligus simpatisan Partai Nasdem, menyampaikan bahwa pupuk KSM merupakan pupuk
penemuan kader Partai Nasdem yang sudah diuji coba di sejumlah daerah di Indonesia.

"Pupuk KSM bukan hanya murah dibanding dengan pupuk konvensional yang selama ini bapak-bapak kenal. Pupuk KSM tidak mengandung racun tapi
sekaligus bisa menyuburkan tanah," ujar Tarwanto.

Bagi para petani yang membutuhkan pupuk KSM, untuk sementara bisa melalui pengurus DPD Partai NasDem Brebes. Harganya ditanggung lebih murah dan yang penting daya gunanya.

"Dengan menggunakan pupuk KSM, selain hasil produksinya bagus sekaligus bisa menekan biaya selama pemeliharaan tanaman bawang merah," ucapnya.

Tokoh masyarakat Desa Tengguli Tobiin mengapresiasi DPD Partai NasDem Brebes yang datang langsung ke areal taman bawang merah dan tidak sekadar sosialisasi tapi juga memberi bantuan pupuk KSM.

Tobiin menyampaikan sosialisasi pupuk cair KSM selain ramah lingkungan juga dinilai bisa mengurangi biaya pemeliharaan tanaman bawang merah ketimbang menggunakan pupuk konvensional yang selama ini banyak digunakan petani.

"Alhamdulillah, selain menyambut antusias, petani juga penasaran ingin agar dilakukan demplot atau percontohan tanaman bawang merah yang dari mulai tanam menggunakan pupuk KSM sampai mengetahui hasilnya. Petani kan inginnya bukti bukan sekadar teori," ucap Tobiin.

Sosialisasi pupuk KSM akan terus dilakukan terhadap petani selain tanaman bawang merah. Sekretaris DPD Partai NasDem Brebes Slamet Abdul
Dhofir ikut memberikan semangat petani bawang merah di Desa Tengguli Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes tersebut. (OL-1)

Baca Juga

DOK Medcom.id.

Terekam CCTV, Perempuan Bobol Gedung PSC Dinas Kesehatan Tasikmalaya

👤Kristiadi 🕔Rabu 28 Juli 2021, 14:44 WIB
Seorang petugas Satpam Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Wendi, 31, mengatakan, aksi pencurian yang dilakukan perempuan tersebut terekam...
MI/Heri Susetyo.

Terkendala Biaya, Tempat Isolasi Hotel Delta Sinar Mayang Ditutup

👤Heri Susetyo 🕔Rabu 28 Juli 2021, 13:27 WIB
Sejak awal pandemi, Hotel Delta Sinar Mayang Kabupaten Sidoarjo dijadikan tempat isolasi bagi warga yang terpapar...
AFP/Mario Tama

PT. Santos Jaya Abadi dan Kemenperin Gelar Vaksinasi untuk 2.000 Karyawan di Karawang

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 Juli 2021, 13:07 WIB
Pada Rabu (28/7/ 2021), bertempat di PT. Santos Jaya Abadi, Plant 2, Karawang, dilaksanakan kegiatan vaksinasi Covid-19 gotong royong yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Membangun Konektivitas Segitiga Emas Jawa Bagian Tengah

 Untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jawa bagian tengah, Tol Joglosemar menjadi salah satu solusi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya