Minggu 04 Juli 2021, 20:10 WIB

PPKM Darurat Harus Diikuti Bantuan Kebutuhan Pokok bagi Pasien Isoman

Ardi Teristi Hardi | Nusantara
 PPKM Darurat Harus Diikuti Bantuan Kebutuhan Pokok bagi Pasien Isoman

MI/Ardi Teristi Hardi
Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana

 

WAKIL Ketua DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Huda Tri Yudiana menyebutkan, PPKM Darurat harus diikuti bantuan kebutuhan pokok, terutama bagi pasien isolasi mandiri.

"PPKM Darurat merupakan usaha maksimal yang bisa dilakukan saat ini," kata Huda, Minggu (4/7).

Harapannya, pergerakan manusia berkurang drastis sehingga kasus juga berkurang drastis. Huda juga menyoroti, fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, shelter, dan berbagai tempat perawatan Covid-19 di DIY yang saat ini sudah sangat penuh dan mencapai titik yang sangat memprihatinkan.

Banyak pasien tidak mendapat perawatan dan terpaksa menjalani isolasi mandiri (isoman). "Sudah sangat banyak kasus isolasi mandiri tidak
terpantau oleh fasilitas kesehatan dan meninggal di rumah," kata dia.

Pada sisi lain, banyak pasien yang isolasi mandiri mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Alhasil, mereka terpaksa keluar rumah untuk mencari nafkah. Pemenuhan kebutuhan pasien yang isoman sudah sangat banyak terbantu oleh sistem sosial dengan gotong royong warga. Namun, dengan kasus yang sangat banyak, warga juga sudah mulai terasa berat untuk bergotong royong.

"Bukan tidak mau menolong tatapi kondisi ekonomi mereka yang juga sangat sulit saat ini," kata dia.

Oleh sebab itu, pemberlakuan PPKM Darurat ini perlu diikuti dengan bantuan kebutuhan pokok untuk warga yang menjalani isolasi mandiri agar kebijakan lebih efektif dan mengurangi warga keluar rumah," sebut dia.

Huda paham, untuk membantu jatah hidup setiap warga, anggaran Pemda DIYtidak mampu. Namun, kalau untuk membantu jadup untuk warga isolasi mandiri, anggaran Pemda DIY sangat mampu. "Jangan hanya DTKS saja yang dibantu karena jika hanya menggunakan data ini tidak mencerminkan kondisi maupun kebutuhan sebenarnya," lanjutnya.

Pembuatan shelter shelter sebagai penyangga RS juga harus massif dilakukan. Pemda DIY sudah memfasilitasi keperluan shelter, tapi masih ada pemda kabupaten tidak bersedia membauat shelter dengan alasan warga sudah sadar isolasi mandiri.

Padahal, data kematian isolasi mandiri di kabupaten tersebut sangat banyak. "Kebijakan PPKM Darurat harus didukung semua fihak, termasuk infrastruktur program pendukungnya agar efektif dan tidak menambah penderitaan rakyat berkepanjangan," tutup dia.

baca juga: PPKM Darurat

Sebelumnya, penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 di DIY, Sabtu (3/7), sebanyak 1358 kasus sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi 63.634 kasus.

Kepala Bagian Humas, Biro Umum, Hubungan Masyarakat, dan Protokol (UHP) Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji menyampaikan, penambahan kasus sembuh sebanyak 424 kasus sehingga total sembuh menjadi 49.675 kasus. Sementara itu, penambahan kasus meninggal sebanyak 36 kasus sehingga total kasus meninggal menjadi 1.656 kasus.

 

Baca Juga

dok.humas

Binda Sulbar Gencarkan Vaksinasi Pelajar di Sekolah-Ponpes

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 05:55 WIB
BIINDA Sulawesi Barat terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 massal di lingkungan sekolah dan pondok...
MI/Apul Iskandar

Wali Kota Pematangsiantar Didesak Setop Pungut Pajak Melebihi NJOP

👤Apul Iskandar 🕔Selasa 18 Januari 2022, 23:58 WIB
Henry juga meminta serta mendesak Wali Kota Pematangsiantar untuk mengembalikan kepada wajib pajak, setoran pajak daerah yang terlanjur...
Antara

Pemkab Temanggung Terima 23.520 Dosis Vaksin Booster

👤Ant 🕔Selasa 18 Januari 2022, 23:55 WIB
Pelaksanaan vaksinasi booster mulai Senin (17/1), antara lain dilakukan di Puskesmas Parakan dan Kejari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya