Kamis 01 Juli 2021, 08:41 WIB

Menparekraf Dorong UMKM Gorontalo Cetak Peluang Pasar Digital

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Menparekraf Dorong UMKM Gorontalo Cetak Peluang Pasar Digital

ANTARA/Adiwinata Solihin
Seorang perajin dari kelompok UMKM Salvador Dali menunjukan produk kerajinan kalung dalam pameran UMKM di Gorontalo.

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Gorontalo menciptakan peluang pasar yang lebih luas lewat digital.

Hal itu disampaikan Sandiaga dalam sambutan acara Hulonthalo Art and Craft Festival 2021 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Gorontalo, Rabu (30/6).

Kemenparekraf menyebut digitalisasi mendorong pesatnya transaksi ekonomi melalui e-commerce di tengah pandemi. Tercatat ada kenaikan transaksi e-commerce.

Baca juga: Harga Biji Pinang Anjlok, Petani Aceh Bingung

Dari data Bank Indonesia mencatat pada 2020 terdapat kenaikan transaksi 29,6%, dari Rp205,5 triliun pada 2019 menjadi Rp266,3 triliun.

Sementara, berdasarkan data dari e-Conomy SEA 2020 by Google, Tamasek, dan Brain & Company, kontribusi ekonomi digital terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia sebanyak US$44 miliar dan diprediksi akan meningkat hingga US$124 miliar pada 2025.

“Data-data ini menunjukkan bagaimana UMKM-UMKM bisa kita dorong masuk ke pasar digital, agar mereka tumbuh berkembang menjadi usaha besar," kata Sandiaga dalam keterangan resmi, Kamis (1/7).

Menparekraf mengatakan, digitalisasi dapat melahirkan banyak peluang bisnis dan karir yang bisa dilakukan dari mana saja.

Sandiaga mengajak keterlibatan banyak pihak, seperti pemerintah daerah, Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda dan K/L untuk mendorong lebih banyak pelaku UMKM terjun go digital.

“Saya mengajak semua pihak untuk saling kolaborasi dan bersinergi dalam upaya percepatan transformasi digital di Indonesia, terutama di Provinsi Gorontalo," tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua Dekranasda Provinsi Gorontalo sekaligus Anggota DPR RI Komisi VIII Idah Syahidah Rusli mengatakan ekonomi kreatif ini harus dibangun secara serius dan komprehensif.

"Jika peran para pelaku UMKM ini bisa dioptimalkan, maka saya yakin akan mampu menjadi pilar perekonomian yang saling menguatkan dengan pariwisata," ucapnya.

"Saya yakin dengan penerapan teknologi berbasis digital, dapat memperluas pemasaran penjualan produk kreatif lokal, khususnya Gorontalo,” tambah Idah.

Hulonthalo Art and Craft Festival 2021 menampilkan 21 produk kreatif artisan lokal yang telah melewati proses kurasi, selain itu juga ada penampilan Sounds of Hulonthalo yang memadukan musik modern dengan musik etnik Gorontalo, serta Fashion Show Karawo Gorontalo. (OL-1)

Baca Juga

MI/Wibowo Sangkala

Karang Taruna Banten Lirik Peluang Usaha

👤Wibowo Sangkala 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 22:00 WIB
Karang Taruna Banten berusaha menjadi akselerator dari sisi akses penunjang bagi kelancaran usaha para anggota Karang Taruna yang...
MI/CRI CANON RIA DEWI

Sinergi BUMN dan BUM-Des Percepat Pemulihan Ekonomi di Lampung

👤Cri Canon Ria Dewi 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 21:10 WIB
Pemprov Lampung terus membuat terobosan baru berupa program-program unggulan yang bersinergi dengan BUM-Des dan Desa...
MI/YOSE HENDRA

PT Pangansari Utama Saling Sinergi Kembangkan Nasi Padang Instan

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 21:08 WIB
Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumatra Barat Efendi melihat peluncuran Nasi Padang Instan merupakan wujud implementasi masa depan pangan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mengenal Skandal Menghebohkan Pandora Papers

Rahasia kekayaan para elite kaya yang berasal dari 200 negara dan wilayah di dunia terungkap melalui dokumen Pandora Papers

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya