Sabtu 26 Juni 2021, 10:15 WIB

Ketua Komnas HAM Apresiasi Polri Ungkap Kasus Pembunuhan Jurnalis

Media Indonesia | Nusantara
 Ketua Komnas HAM Apresiasi Polri Ungkap Kasus Pembunuhan Jurnalis

Dok Komnas HAM
Kapolres Simalungun AKB Agus Waluyo berbincang dengan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan, Jumat (25/6).

 

KETUA Komisi Nasional Hak Azasi Manusia (Komnas HAM) Ahmad Taufan Damanik mengapresiasi kinerja kepolisian dalam mengungkap kasus pembunuhan jurnalis Mara Salem Harahap. Aparat kepolisian dinilai menggunakan pasal yang tepat untuk menjerat para tersangka. 

"Kita menghargai dan menghormati langkah hukum yang dilakukan. Menurut kami pasal yang disangkakan itu tepat karena ada unsur-unsur pidana berat," kata Ahmad Taufan usai menemui Kapolres Simalungun AKB Agus Waluyo di Asrama Polres Simalungun, Sumatra Utara, Jumat (25/6).

Menurut Taufan, Kapolda Sumut dan Kapolres Simalungun setuju untuk tetap melindungi jurnalis dalam bertugas. Pers merupakan tonggak demokrasi dan penyampaian informasi. Ia pun mendorong para jurnalis untuk saling mengingatkan dalam wadah organisasi.

"Bahwa ada satu atau dua wartawan melawan hukum, tentu harus diproses juga secara hukum. Tetapi secara umum komunitas jurnalis harus dilindungi," tegas Taufan dalam siaran persnya, Sabtu (16/6).

Taufan mengunjungi Kota Pematangsiantar untuk memantau kondisi terkini kasus penembakan jurnalis Marsal Harahap. Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap Polri yang mampu mengungkap kasus penembakan tersebut. 

Pada Sabtu (19/6) dini hari, Mara Salem (Marsal) Harahap, pemimpin redaksi salah satu media massa daring di Sumut, ditemukan bersimbah darah di dalam mobil yang dikendarainya. Ia ditemukan tidak jauh dari rumahnya di Huta VII, Nagori Karang Anyar, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun. Setelah dilakukan autopsi, Marsal dipastikan tewas akibat luka tembak yang dialaminya.

Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra juga mengungkapkan bahwa penyidik secara marathon melakukan pendalaman terhadap berbagai temuan di TKP hingga kasusnya benar-benar terungkap secara jelas. (RO/O-2)
 

Baca Juga

Antara

300 Pelajar di Kalimantan Tengah Diam-Diam Menikah saat Sekolah Daring

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 12:45 WIB
Gubernur Kalimanan Tengah Sugianto Sabran mengaku tidak pernah mengira kebijakan pembelajaran daring berdampak pernikahan dini kalangan...
DOK PEMPROV JATENG

Di Hari Santri Nasional, Ganjar Harap Semua Teladani Perjuangan Para Santri

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 11:21 WIB
Kepada para santri di seluruh Indonesia, Ganjar berharap semakin mengikuti perkembangan...
MI/Gabriel Langga

Alumnus Akabri 99 Gelar Vaksinasi Covid-19 di Sikka

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 10:01 WIB
LULUSAN Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) 1999 menggelar vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sikka,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya