Jumat 25 Juni 2021, 12:44 WIB

KA Baturraden Ekspres Purwokerto-Bandung Diluncurkan

Lilik Darmawan | Nusantara
KA Baturraden Ekspres Purwokerto-Bandung Diluncurkan

Humas Daop 5 Purwokerto
PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan KA Baturraden Ekspres di Stasiun Purwokerto. Kereta ini melayani rute Purwokerto-Cikampek-Bandung

 

PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan KA Baturraden Ekspres di Stasiun Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat (25/6). KA relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung tersebut menggunakan nama destinasi wisata di Banyumas yakni Baturraden.

"Pada hari ini kita menyaksikan bersama-sama launching perjalanan perdana Kereta Api Baturraden Ekspres relasi Purwokerto-Bandung PP via Cikampek. Di tengah pandemi covid-19 ini, KAI tetap menunjukkan komitmennya untuk terus berinovasi dengan menghadirkan Kereta Api relasi baru agar dapat membantu konektivitas masyarakat khususnya dari dan menuju wilayah Kabupaten Banyumas," ujar Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo usai pemberangkatan perdana KA bersama dengan Bupati Banyumas Achmad Husein.

Ia mengatakan KA Baturraden Ekspres ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian menggunakan KA. Sebab, selama ini KA ke Bandung dari Purwokerto hanya dilayani oleh satu KA Serayu kelas ekonomi.

"KA Baturraden Ekspres terinspirasi dari nama kawasan di Kabupaten Banyumas yang sarat akan potensi wisata. Baturraden merupakan salah satu ikon Kabupaten Banyumas yang menjadi destinasi utama wisatawan domestik bahkan mancanegara," jelasnya.

Baca juga:  Lokawisata Baturraden Batasi Pengunjung, Prokes Diperketat

KA Baturraden Ekspres diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto pada pukul 05.40 dan berhenti di Stasiun Bumiayu, Prupuk, Cirebon, Jatibarang, Cikampek, Purwakarta, Cimahi, hingga tiba di Stasiun Bandung pukul 12.09. Sedangkan jadwal KA Baturraden Ekspres relasi Bandung-Purwokerto yaitu berangkat dari Stasiun Bandung pukul 16.30 dan akan berhenti di Stasiun Cimahi, Purwakarta, Cikampek, Jatibarang, Cirebon, Prupuk, Bumiayu hingga tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 22.54 WIB.

Didiek mengatakan di masa pandemi Covid-19, KAI tetap berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai yang telah ditetapkan pemerintah. Untuk menciptakan physical distancing antarpelanggan, KAI hanya menjual tiket maksimal 70% dari kapasitas tempat duduk sesuai SE Kemenhub No 14 tahun 2020.

"KAI tetap berkomitmen untuk mengoperasikan Kereta Api sesuai protokol kesehatan yang ketat untuk menjadikan Kereta Api sebagai moda transportasi yang sehat, selamat, nyaman dan aman sampai di stasiun tujuan," ujar Didiek.

KA Baturraden Ekspres terdiri dari kelas Eksekutif dengan tarif mulai dari Rp160.000 dan kelas Bisnis dengan tarif mulai dari Rp130.000. Tiket KA Baturraden Ekspres sudah dapat dibeli melalui KAI Access, web KAI, loket, dan seluruh mitra penjualan tiket KAI lainnya.(OL-5)
 

Baca Juga

DOK

Keluar dari Zona Merah, BOR di Kabupaten Kudus Jadi 15%

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Juli 2021, 20:50 WIB
SEMPAT menjadi kota di Pulau Jawa dengan tingkat penularan covid-19 yang cukup tinggi, kondisi di Kabupaten Kudus kini perlahan mulai...
Ist

Upaya Turunkan Kasus Covid-19, Pemkab Sukoharjo Gencarkan Vaksinasi

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Juli 2021, 20:33 WIB
Dengan didukung pihak swasta, Pemerintah Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, menggelar pertama pelayanan vaksinasi Covid-19 di The Park...
Antara

Ekonomi Papua Bisa Tumbuh 5,7% pada Tahun Depan

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 27 Juli 2021, 20:13 WIB
Menurut Menhub, perlu langkah strategis terkait produktivitas dan pembangunan infrastruktur di wilayah Papua dan Papua Barat. Sehingga,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya