Kamis 24 Juni 2021, 13:38 WIB

Harga Daging Ayam di Aceh Turun

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Harga Daging Ayam di Aceh Turun

MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE
Pedagang ayam di Pasar Pante Teungoh, Kota Sigli, Ibu Kota Kabupaten Pidie.

 

HARGA ayam pedaging (ayam potong) di Kabupaten Pidie dan Pidie Jaya, Provinsi Aceh, sepekan terakhir Rp22.000 per kg. Harga tersebut lebih murah dari sebelumnya Rp24.000 per kg.

Dari pengamatan Media Indonesia, Kamis (24/6) di Pasar Pante Tengoh, Kota Sigli, Ibu Kota Kabupaten Pidie, harga Rp22.000 per kg paling murah dalam dua bulan terakhir. Bahkan pada Lebaran Idul Fitri 1442 bulan lalu, harga ayam pedaging tersebut mencapai Rp28.000 hingga Rp30.000 per kg.

Muhammad Nazar, pedagang ayam di Pasar Pante Teungoh di Kota Sigli, Kabupaten Pidie, mengatakan turunnya harga ayam sejak sepekan terakhir karena pasokan dari peternak melimpah. Lalu permintaan konsumen di pasaran sedikit dibandingkan saat Idul Fitri.

Baca Juga: Kementan Nilai Aturan Stabilisasi Perunggasan Berjalan Positif

"Kini permintaan berkurang, sedangkan pasokan banyak. Apalagi banyak warung nasi atau penjual ayam goreng tutup lebih awal. Mereka tidak buka hingga larut malam berkaitan musim pandemi Covid-19," tutur Fitri, pedagang lainnya.

Kondisi serupa juga terjadi di Kabupaten Pidie Jaya. Pedagang ayam potong yang sebelumnya banyak pesanan untuk warung dan permintaan untuk pesta pernikahan atau kenduri syukuran, tapi kini tergolong sepi.

Itu sebabnya hasil penjualan pedagang turun dari sebelumnya. Untuk mempertahankan usahanya, mereka harus menurunkan harga, walaupun memperoleh keuntungan sangat kecil.

"Ini memang kondisi agak sulit. Barang banyak ditawar dari agen pemasok, tapi tidak bisa ambil dalan jumlah besar. Sayangnya daya beli masyarakat sedikit sehingga pedagang takut rugi" tutur agen pemasok ayam lainnya. (MR/OL-10)

Baca Juga

MI/Mitha Meinansi

Surabaya CLP Center dan Media Group Gelar Operasi Gratis Bibir Sumbing di Palu

👤Mitha Meinansi 🕔Kamis 19 Mei 2022, 08:40 WIB
KOLABORASI Surabaya Cleft Lip & Palate (CLP) Center, Yayasan Media Group, Pemda Provinsi Sulteng, dan Pemda Kabupaten Sigi, menggelar...
MI/Amiruddin

Walhi: Tambang Batu Bara Ilegal Bebas Beroperasi di Kalsel

👤Denny S 🕔Kamis 19 Mei 2022, 08:07 WIB
AKTIVITAS tambang batu bara ilegal hingga kini masih marak beroperasi di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan...
Ist

1 Orang Hilang Terseret Arus di Pantai Kuta Bali

👤Ruta Suryana 🕔Rabu 18 Mei 2022, 23:45 WIB
"Laporan kami terima pukul 19.05 Wita dari Bapak Sutayana, adanya 1 orang terseret arus di Pantai Kuta, di depan salah satu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya