Selasa 22 Juni 2021, 12:45 WIB

Babel Butuh 3.000 Ekor Sapi untuk Idul Adha 2021

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Babel Butuh 3.000 Ekor Sapi untuk Idul Adha 2021

MI/Rudi Kurniawansyah
Peternak sapi di Provinsi Bangka Bellitung belum mampu memenuhi permintaan hewan kurban pada Idul Adha 2021.

 

KEBUTUHAN sapi untuk hewan kurban pada lebaran Idul Adha tahun ini di Provinsi Bangka Belitung (Babel) diperkirakan mencapai 3.000 ekor. Untuk memenuhi kebutuhan ini masih mendatangkan sapi dari luar daerah.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Babel, Juaidi mengatakan, kemungkinan kebutuhan sapi dan kambing untuk lebaran Idul Adha tahun ini akan meningkat di bandingkan tahun lalu.

"Memang ada peningkatan untuk kebutuhan sapi dan kambing lebaran Idul Adha nanti, hal ini dipicu masih antusiasinya umat islam untuk berkurban,"kata Juaidi, Selasa (22/6).

Ia menyebutkan, untuk kebutuhan sapi tahun lalu mencapai 2500 ekor, makanya untuk tahun ini di perkirakan sekitar 3000 ekor, sedangkan untuk kambing 6.000 ekor.

"Sapi lokal belum mampu untuk memenuhi kehutuhan, makanya 60 persen kebutuhan sapi kita ini selalu di datangkan dari luar, karena kita hanya mampu 40 persenya saja,"ujarnya.

Saat ini, diakuinya ketersediaan sapi dari Progran Kredit Usaha Rakyat (KUR) program pemerintah hanya 290 ekor sapi berasal dari 96 peternak. Itu disiapkan untuk kurban jadi masih jauh dari kebutuhan kita mencapai 3.000 ekor.

"Kita terus mendorong untuk peternak mengembangkan usahanya, baik secara mandiri pembiayaan maupun dengan pembiayaan perbankan,"ucap dia. (OL-13)

Baca Juga: Diingatkan Wartawan Pakai Masker, Bolsonaro Ngamuk

 

Baca Juga

dok.pribadi

Politisi Muda Papua Minta Lukas Enembe Contoh Barnabas Suebu Patuh Hukum

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 18:55 WIB
POLITISI Muda Papua Haris Yoku menilai dua kali mangkirnya Gubernur Lukas Enembe ke KPK yang diduga korupsi tidak memberi contoh baik bagi...
DOK. Dekranasda Flotim

Kriya Tenun Karya Pengrajin Flores Timur Diminati Berbagai Kalangan

👤Alexander Taum 🕔Jumat 30 September 2022, 18:25 WIB
KEUNIKAN dan eksotisme kerajinan warisan leluhur Flores Timur, Nusa Tenggara Timur menarik minat pengunjung Pameran Nasional Kriyanusa yang...
DOK MI

Pemkab OKU Minta BUMDes Fokus Kembangkan Desa Wisata

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 30 September 2022, 18:11 WIB
Pemerintah Kabupaten OKU mendorong badan usaha milik desa (BUMDes) di Kecamatan Ulu Ogan untuk mengembangkan potensi wisata...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya