Rabu 16 Juni 2021, 20:04 WIB

Pertama Kali, USU Tuan Rumah Pimnas ke-34

Mediaindonesia.com | Nusantara
Pertama Kali, USU Tuan Rumah Pimnas ke-34

DOK Pribadi.
Pusat Administrasi USU.

 

UNIVERSITAS Sumatra Utara (USU) untuk pertama kali ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-34. Keputusan tersebut dikeluarkan oleh Kemendikbud Ristek melalui surat yang dikirimkan Pusat Prestasi Nasional No.0989/J3/KM.02.13/2021 tentang Penetapan Tuan Rumah Penyelenggaraan Kompetisi Jenjang Pendidikan Tinggi Tahun 2021.

Pimnas ke-34 dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2021 selama lima hari di Kampus USU Padang Bulan Medan. Pembukaan event nasional tersebut direncanakan dihadiri oleh Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim, pimpinan perguruan tinggi negeri se-Indonesia, dan para kepala daerah di Sumut. Hal tersebut disampaikan Rektor USU Muryanto Amin di ruang kerjanya, Rabu (16/6). Ia mengaku sangat gembira menerima kabar tersebut. Pasalnya, Pimnas merupakan salah satu event bergengsi nasional yang menjadi ajang kompetisi karya ilmiah para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

 "Kami merasa terhormat dan berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pimnas ke-34. Kami berharap kegiatan tersebut dapat kami laksanakan dengan baik serta berjalan dengan lancar hingga akhir. Selain itu kami mengharapkan agar seluruh peserta Pimnas ke-34 dan para tamu undangan yang hadir nanti dapat merasa nyaman dan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan selama penyelenggaraan kegiatan," kata Mury.

Menurut Rektor, USU berani menawarkan diri menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-34 sesungguhnya bukan sekadar coba-coba atau mengandalkan keberanian. "Pengalaman yang telah dilalui oleh USU sebagai tuan rumah dalam berbagai event nasional dan internasional, setidaknya telah memberikan modal kepercayaan diri yang cukup kuat bagi kami untuk siap menjadi tuan rumah Pimnas ke-34," tegas Rektor optimis.  

Sebelumnya, kelayakan dan kesiapan USU sebagai salah satu perguruan tinggi yang menjadi calon tuan rumah Pimnas ke-34 telah dinilai langsung oleh Tim Belmawa Kemendikbud Ristek yang berkunjung ke USU pada Mei 2021. Penilaian tersebut terkait ketersediaan sarana dan prasarana utama yang mendukung langsung penyelenggaraan Pimnas ke-34, akses transportasi, dan hal lain yang memengaruhi kelancaran pelaksanaan kegiatan.

Wakil Rektor I USU Edy Ikhsan yang ditemui pada kesempatan berbeda juga turut menegaskan bahwa USU akan melakukan seluruh upaya terbaik untuk mempersiapkan diri menyambut pelaksanaan Pimnas ke-34. "Menjadi tuan rumah dari pelaksanaan suatu event bertaraf nasional dan internasional merupakan dambaan dari setiap institusi, termasuk USU. Sebagai tuan rumah tersebut, dibutuhkan persiapan yang sangat serius agar seluruh kegiatan dapat berjalan lancar, dari awal hingga akhir, dan memberikan kenyamanan serta kepuasan bagi seluruh pihak yang terlibat," kata Edy Ikhsan.

Ditambahkan Warek I USU, untuk kesiapan sarana fisik, pihaknya didukung lebih dari 40 laboratorium komputer, lebih dari 10 ruang multimedia, lebih dari 10 ruang serbaguna berkapasitas 300 orang, auditorium berkapasitas 3.000 orang, dan kantong parkir yang mampu menampung beragam jenis kendaraan dalam jumlah besar. "Jaringan internet di lingkungan kampus juga sangat stabil dan terkontrol untuk mengamankan penyelenggaraan kegiatan besar. Selain itu, akses menuju USU sangat mudah dijangkau serta memiliki banyak penginapan yang berkualitas di sekitar kampus," katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Persiapan USU Host Pimnas 34 Doli M Jafar Dalimunthe yang dihubungi melalui telepon menyatakan kesiapan USU menjadi tuan rumah Pimnas ke-34 sudah hampir rampung seluruhnya. Tim juga telah mempersiapkan tema yang akan diusung dalam kegiatan, yaitu Menuju Indonesia emas melalui kolaborasi untuk inovasi dalam bingkai kearifan lokal. Logo dan maskot juga telah tersedia, yakni beo nias yang diberi nama Beni.

Sebagai informasi, USU pernah menjadi tuan rumah dalam beberapa penyelenggaraan event nasional dan internasional, di antaranya IMT-GT Varsity Carnival, Rakernas Kemenristekdikti 2018, Lokakarya UI GreenMetric Wilayah Indonesia Bagian Barat, Training ke-3 United Erasmus+, Rapat Koordinasi LPPM PTN BH, serta Pekan Pameran Inovasi dan Kreativitas Mahasiswa Nasional. (RO/OL-14)

Baca Juga

MI/Depi Gunawan

Tenaga Honorer Mogok Kerja, Pelayanan Disdukcapil Bandung Barat Lumpuh

👤Depi Gunawan 🕔Senin 15 Agustus 2022, 18:38 WIB
PELAYANAN di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (15/8)...
Medcom

Cuaca Buruk Berpotensi Terjadi di Cilacap

👤Lilik Darmawan 🕔Senin 15 Agustus 2022, 18:27 WIB
STASIUN Meteorologi BMKG Tunggul Wulung, Cilacap, Jawa Tengah kembali mengeluarkan peringatan cuaca...
Ist

Sandiaga Uno: Cipta Lapangan Kerja Lewat Desa Wisata Perlang Babel

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 18:17 WIB
Mas Menteri-sapaan Sandiaga Uno- bersama rombongan disambut oleh prosesi adat yaitu Nganggung...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya