Senin 14 Juni 2021, 09:50 WIB

KAI Luncurkan Dua Kereta Baru di Bandung dan Cilacap

Insi Nantika Jelita | Nusantara
KAI Luncurkan Dua Kereta Baru di Bandung dan Cilacap

dok.mi
Stasiun Bandung, Jawa Barat.

 

PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal meluncurkan dua kereta api (KA) baru yaitu KA Baturraden Ekspres relasi Bandung - Purwokerto PP via Cikampek pada 25 Juni 2021 dan KA Nusa Tembini relasi Cilacap - Yogyakarta PP pada 2 Juli 2021.

Pada tahap awal, kedua kereta ini akan dioperasikan pada setiap hari Jumat dan Minggu. Rinciannya KA Baturraden Ekspres beroperasi pada 25 dan 27 Juni serta 2 dan 4 Juli 2021 dan KA Nusa Tembini beroperasi pada 2, 4, 9, dan 11 Juli 2021.

“Peluncuran KA baru ini ditujukan untuk meningkatkan pelayanan sehingga semakin banyak alternatif pilihan bepergian dengan kereta api,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulisnya, Senin (14/6)

Joni menjelaskan, penamaan KA Baturraden Ekspres terinspirasi dari nama kawasan di Kabupaten Banyumas yang sarat akan potensi wisata. Sedangkan, penamaan KA Nusa Tembini terinspirasi dari nama legenda kerajaan yang ada di wilayah Cilacap.

“Dengan penamaan tersebut, diharapkan kedua KA ini juga dapat meningkatkan pariwisata di wilayah-wilayah yang dilalui,” harap Joni.

Tersedia dua kelas pada KA Baturraden Ekspres yaitu Eksekutif dengan tarif mulai dari Rp160.000 dan Bisnis dengan tarif mulai dari Rp130.000.

Adapun, untuk KA Nusa Tembini juga memiliki 2 kelas yaitu Eksekutif dengan tarif mulai dari Rp110.000 dan Ekonomi dengan tarif mulai dari Rp90.000. Tiket tersebut sudah dapat dibeli melalui KAI Access, web KAI, loket, dan channel eksternal yang ditentukan.

Rangkaian KA Baturraden Ekspres terdiri dari 2 Kereta Eksekutif dan 5 Kereta Bisnis dengan total 420 tempat duduk. Adapun rangkaian KA Nusa Tembini terdiri dari 4 kereta Eksekutif dan 3 kereta Ekonomi dengan total 392 tempat duduk.

“Namun kapasitas Kereta Api selama masa pandemi maksimal 70% dari total tempat duduk. Sehingga kapasitas di KA Baturraden adalah 294 tempat duduk dan KA Nusa Tembini 275 tempat duduk,” tandas Joni. (OL-13)

Baca Juga: Kudus Kembali Terapkan Sepekan di Rumah Saja

Baca Juga

dok.humas

Ganjar Pranowo Terima Curhatan Kades-Petani Tembakau di Lampung

👤Haryanto 🕔Minggu 23 Januari 2022, 06:36 WIB
GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo bertemu dengan petani tembakau dan DPC Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi)...
MI/Adam Dwi

Beasiswa OSC Medcom.id Jembatan Raih Pendidikan Berkualitas

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:25 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id menjadi jembatan bagi para pelajar di Tanah Air untuk meraih pendidikan...
DOK Sicepat.

Cegah Tsunami, Puluhan Ribu Pohon Ditanam pada Pantai Pangandaran

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:34 WIB
Kegiatan tersebut akan sangat mendukung berbagai ekosistem di wilayah hutan pantai Karang Tirta. Hal ini akan menjadi benteng pertahanan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya