Sabtu 05 Juni 2021, 16:04 WIB

Penyandang Disabilitas Divaksinasi masih Minim

Nurul Hidayah | Nusantara
Penyandang Disabilitas Divaksinasi masih Minim

ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada penyandang tuna daksa di Rumah Bisabillitas, Denpasar, Bali, Minggu (9/5/2021).

 

PENDATAAN penyandang disabilitas untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Cirebon.
Dari hasil pendataan, 525 orang penyandang disabilitas di Kota Cirebon, baru 60 orang telah memenuhi persyaratan baik dari segi usia dan kesehatan.

Kepala Bidang Sosial, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon, Aria Dipahandi, menjelaskan 525 penyandang disabilitas di Kota Cirebon yang terdata terdiri dari penyandang disabilitas fisik, intelektual, sensorik dan
mental. "Dan tidak semua penyandang disabilitas memenuhi persyaratan untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Baru 60 orang memenuhi persyaratan untuk divaksin tapi hanya 17 yang bersedia divaksin," kata Aria, Sabtu (5/6).

Pihaknya masih terus mendata dan kemungkinan data kelompok disabilitas akan terus bertambah. Ia juga berharap jumlah peserta vaksin akan bertambah.

Sementara itu pendamping disabilitas DSPPPA Kota Cirebon, Nakiah Dimitri Kertanegara, menjelaskan dari 525 penyadang disabilitas di Kota Cirebon memiliki rentang umur 9 hingga 59 tahun. Sehingga dari segi umur memang ada yang tidak memungkinkan untuk bisa divaksin.
"Kami pun sudah berkeliling mengunjungi penyandang disabilitas ini untuk menyampaikan rencana vaksinasi Covid-19," tambahnya.

Nakiah mengakui banyaknya berita tidak benar tentang vaksin turut menghambat keikutsertaan penyandang disabilitas untuk bersedia
mendapatkan vaksin Covid-19.

"Padahal mereka memenuhi persyaratan. Namun melihat dari media sosial mengenai efek vaksin begini dan begitu, mereka akhirnya ada yang enggan untuk divaksin," ungkapnya.

baca juga: Vaksinasi Covid-19

Pihaknya terus berupaya untuk mengedukasi dan memberikan informasi yang benar mengenai vaksin Covid-19, sehingga bisa menambah penyandang disabilitas yang bersedia untuk divaksin.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Trimulyaningsih menambahkan pihaknya telah berkoordinasi dengan DSPPPA Kota Cirebon untuk pelaksanaan vaksinasi penyandang disabilitas. Namun sasaran yang akan divaksin belum diketahui jumlahnya secara pasti. (N-1)

 

 

Baca Juga

Ist

Klinik Asiki Bantu Kendalikan Kasus Malaria di Indonesia Timur

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 10:40 WIB
Klinik Asiki mencatat, sejak 2010 hingga kini sudah lebih dari 15.000 lembar kelambu yang dibagikan ke masyarakat di sekitar Boven...
ANTARA

Ganjar Ajak Mahasiswa Turun ke Lapangan Jadi Relawan Covid

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 10:19 WIB
Ganjar pun menawarkan solusi menarik yang lebih nyata untuk membantu masyarakat yang terdampak selama pandemi...
MI/Reza Sunarya

Covid-19 Sebabkan Tiga Anak Menjadi Yatim Piatu di Purwakarta

👤Reza Sunarya 🕔Jumat 30 Juli 2021, 09:20 WIB
Risqita (19) yang merupakan anak pertama terlihat tabah dan menerima keadaan apapun dengan kondisi yang saat ini, termasuk menjadi tulang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya