Jumat 04 Juni 2021, 10:30 WIB

Temanggung Kembangkan Kampung Peradaban di Situs Liyangan

Tosiani | Nusantara
Temanggung Kembangkan Kampung Peradaban di Situs Liyangan

MI/Tosiani
Bangunan candi di Situs Liyangan, kaki Gunung Sindoro, Desa Purbosari,

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Temanggung, Jawa Tengah, berupaya mengembangkan Kampung Peradaban di kawasan sekitar Situs Liyangan, Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo. Proyek ini dirintis mulai tahun 2021.

Kasi Destinasi Wisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Temanggung Arbai Muchamad menjelaskan Kampung Peradaban ini dibangun pemerintah desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo melalui bantuan keuangan dari APBD Kabupaten Temanggung.

"Nantinya di tempat itu akan ada penginapan dan pertemuan dengan meniru konsep peradaban pada masa Situs Liyangan," kata Arbai di Temanggung, Jumat (4/6).

Mengenai Kampung Peradaban ini, Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo mengatakan nantinya di sekitar Situs Liyangan juga akan dilengkapi dengan kolam renang dan home stay.

"Baru-baru ini saya telah bertemu dengan komunitas desa wisata dan peletakan batu pertama pembangunan tempat wisata di Desa Purbosari ini," ujar Wabup.

Baca juga: Sisa Bangunan Abad IX Ditemukan di Situs Liyangan

Di tempat itu juga terdapat komunitas desa wisata yang diharapkan akan membantu terwujudnya sinergitas pelaku wisata yang ada di Kabupaten Temanggung. Komunitas desa wisata ini juga akan mendukung promosi produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Dengan adanya komunitas desa wisata, maka akan terwujud sinergitas wisata yang ada di Temanggung, saling mendukung dan saling mempromosikan, termasuk menjadi etalase produk-produk UMKM Temanggung," tuturnya.

Dikatakan, Temanggung merupakan daerah perlintasan. Atas dasar itu, harus ada upaya bagaimana caranya agar orang-orang yang melintas bisa istirahat, mampir atau bahkan stay menginap di Temanggung. Kondisi ini merupakan keuntungan dan peluang yang dimiliki, sehingga pelaku wisata harus secara optimal lebih mempersiapkan diri.(OL-5)
 

Baca Juga

AFP/Agung S

Gunung Merapi: 3 Kali Awan Panas dan 40 Kali Guguran Lava Pijar

👤Agus Utantoro 🕔Selasa 07 Desember 2021, 06:55 WIB
DALAM tempo 12 jam dari pukul 18.00 WIB hari Senin (6/12) hingga pukul 06.00 WIB hari Selasa (7/12) terjadi 3 kali awan panas dan 40...
ANTARA/Seno

Pasien Luka Bakar Erupsi Gunung Semeru Perlu Ditangani Dokter Khusus

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 Desember 2021, 05:15 WIB
"Luka bakar serius seperti luka bakar derajat tiga dengan area luka yang luas, membutuhkan rawat inap di rumah sakit dan kadang dokter...
AFP/Juni Kriswanto

Korban Tewas Erupsi Gunung Semeru Bertambah Jadi 22 Orang

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 07 Desember 2021, 04:45 WIB
"Rincian korban meninggal dunia teridentifikasi 14 orang di Kecamatan Pronojiwo, sedangkan delapan orang di Kecamatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya