Jumat 28 Mei 2021, 16:58 WIB

Harga Kacang Kedelai Meroket, Perajin Tahu Tempe NTT Sekarat

John Lewar | Nusantara
Harga Kacang Kedelai Meroket, Perajin Tahu Tempe NTT Sekarat

MI/John Lewar.
Salah satu lokasi pembuatan tahu tempe di Manggarai Barat NTT.

 

USAHA mikro kecil atau industri rumah tangga seperti tahu tempe di ujung barat Pulau Flores Kabupaten Manggarai Barat, NTT, sejak dua pekan ini terus mengalami kesulitan mendapatkan pasokan bahan baku. Di tengah kesulitan mendapatkan pasokan, harga kacang kedelai terus melambung tinggi.

Pantauan Media Indonesia, Jumat (28/5), di empat tempat lokasi pembuatan tahu tempe, beberapa pemilik mengeluh ketiadaan pasokan dan harga kacang kedelai tembus mencapai Rp1,5 juta untuk 100 kg. Pemilik usaha tahu tempe, Rano Ismail, mengatakan situasi kesulitan saat ini dialami oleh hampir semua perajin tahu tempe. Ini disebabkan pasokan bahan baku berupa kacang kedelai tidak tersedia di pasar maupun tingkat petani lokal.

"Inilah kesulitan yang kami alami. Dua minggu belakangan ini harga kacang kedelai terus naik tajam. Kami sangat kewalahan mendapatkan bahan baku itu," ujar Rano.

Rano  menuturkan harga kacang kedelai untuk satu karung berukuran 100 kg sebelumnya dijual dari Rp750.000. Saat ini harganya telah naik menjadi Rp850 ribu bahkan Rp1,5 juta.

Kenaikan harga begitu tinggi itu, sebut Rano, membuat perajin tahu tempe mengalami kesulitan bahkan terancam gulung tikar jika tidak diperhatikan pemerintah dalam melakukan pengontrolan terhadap pengendalian harga pasar maupun penyiapan stok pasokan kacang kedelai di sejumlah pasar, Labuan Bajo Manggarai Barat.

 

Semestinya, lanjut Rano, pemerintah daerah mendukung usaha mikro kecil di tengah giatnya program pariwisata Labuan Bajo yang dikenal sebagai kota pariwisata superpremium untuk menunjang dan mendukung permintaan masyarakat. "Berharap saja pemerintah turut membantu untuk mendukung usaha mikro kecil berupa perajin tahu tempe karena sulitnya mendapatkan bahan baku kacang kedelai," kata Rano. (OL-14)

 

Baca Juga

Antara/Fikri Yusuf

Tren Healing Melukat di Carangsari, Berkahnya Mengalir Hingga ke APBD Kabupaten

👤Iis Zatnika 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:09 WIB
Berkendara 90 menit saja dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, kita akan tiba di Desa Wisata Carangsari, Kabupaten Badung,...
Ist

Jogja Fair 2022 Digelar Bersamaan Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:00 WIB
Event berkelas yang memadukan dari segi bisnis, edukasi, dan hiburan ini akan dihelat di Jogja Expo Center pada 6-9...
DOK Sahabat Ganjar

Emak-Emak Kuningan Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo

👤Widhoroso 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:35 WIB
DUKUNGAN terhadap Ganjar Pranowo untuk maju dalam pilpres 2024 terus mengalir. Kali ini, dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah itu datang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya