Jumat 28 Mei 2021, 02:30 WIB

PDAM Tirtanadi Tambah Kapasitas Pasokan Air Bersih

Yoseph Pencawan | Nusantara
PDAM Tirtanadi Tambah Kapasitas Pasokan Air Bersih

DOK MI
Ilustrasi instalasi pengolahan air

 

PDAM Tirtanadi, Sumatera Utara menambah kapasitas pasokan air bersih untuk Kota Medan sebesar 240 liter per detik dengan pengoperasian Instalasi Pengolahan Air (IPA) Denai. Instalasi Pengolahan Air (IPA) tersebut sudah beroperasi mulai Kamis (27/5).

"Beroperasinya IPA Denai ini merupakan hasil kerja sama antara k dengan PT Tirta Nusantara Sukses," kata Direktur Utama PDAM Tirtanadi Kabir Bedi, Kamis (27/5).

Dijelaskan, pengoperasian IPA Denai merupakan bagian dari upaya Pemprov Sumut, melalui PDAM Tirtanadi, untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat. Dengan kapasitasnya yang mencapai 240 liter per detik, IPA Denai diharapkan mampu menambah pasokan air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Medan terutama bagi para pelanggan yang bermukim  di Kecamatan Medan Denai, Medan Tembung dan sekitarnya.

Sebelum adanya instalasi itu, atau sejak 1990-an, pelanggan di wilayah Kecamatan Medan Denai, Medan Tembung dan sekitarnya mendapat pasokan air bersih yang sangat kecil. Pengoperasian IPA yang pembangunannya dimulai sejak 2018 dan selesai Maret 2021 itu membuat Tirtanadi sudah mampu memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Kota Medan sebesar 7.000 liter per detik.

Itu artinya tinggal diperlukan tambahan 4.000 liter per detik lagi untuk dapat memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat Kota Medan yang mencapai 11.000 liter per detik.

Tahun depan, Tirtanadi berencana menambah dua IPA lagi untuk kembali memperkecil defisit pasokan air bersih di Kota Medan. Masing-masing akan berkapasitas 300 liter per detik dan 1.100 liter per detik. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Budi Candra S

Dinas Pariwisata Dorong Selancar Layang Jadi Destinasi Wisata Baru di Sulsel

👤Lina Herlina 🕔Jumat 28 Januari 2022, 15:37 WIB
"Kami akan mendorong Jeneponto untuk menjadi objek new epicentrum dengan memanfaatkan spot tourism yaitu...
AFP/Alberto PIZZOLI

Satgas: Kota Batam Nihil Kematian Covid-19 Selama Dua Bulan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 28 Januari 2022, 15:14 WIB
Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kota Batam Kepulauan Riau mencatat sudah lebih dari dua bulan tidak ada kasus kematian karena terinfeksi...
ANTARA FOTO/Bayu Pratama

Pendakian Puncak Halau-halau Dibuka

👤Denny Susanto 🕔Jumat 28 Januari 2022, 15:09 WIB
. Pembukaan kembali pendakian ini juga memberikan sumber penghasilan tambahan bagi warga desa dari penjualan kerajinan, hasil bumi juga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya