Selasa 11 Mei 2021, 14:55 WIB

Lolos Penyekatan, Dua Pemudik Solo Terjaring Tim Jogo Tonggo

Widjajadi | Nusantara
Lolos Penyekatan, Dua Pemudik Solo Terjaring Tim Jogo Tonggo

MI/Widjajadi
Walo kota Gibran saat meninjau operasi penyekatan di Pospam Faroka, Selasa (11/5).

 

WALI Kota Solo Gibran Rakabuming Raka masih mengoptimalkan tim satgas jogo tonggo, sebagai benteng terakhir menghadang pemudik yang lolos dari operasi penyekatan di 5 pospam yang tersebar di Kota Solo pada H-2 lebaran.

"Kami berharap, pemudik bisa memahami program larangan mudik jika dilihat semakin menurunya trafik lalu lintas pada dua hari lebaran ini. Tapi andaikata nekat dan lolos dari operasi penyekatan, pasti tidak lolos dihadapan satgas jogo tonggo," kata Gibran ketika meninjau operasi Ketupat Candi 2021 di Pospam Faroka, Selasa ( 11/5 ).

Menurut dia, dari optimalisasi tim satgas jogo tonggo memelototi rumah tangga di pemukiman kampung Kota Solo, ada dua lagi pemudik yang terjaring, dan dibawa ke rumah karantina Solo Techno Park, Kentingan. Hingga sekarang sudah 12 orang yang terjaring tim jogo tonggo.

Dari 12 pemudik, tiga di antaranya dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan karena positif Covid-19, dua di bawa ke rumah sakit karen reaktif covid-19. "Jadi biar lewat jalur tikus dan lolos operasi penyekatan, tapi tidak akan luput dari jaring Tim Jogo Tonggo," kata putra sulung Presiden Jokowi itu di dampingi Kapolresta Surakarta Kombea Pol Ade Syafri Simanjuntak.

Pada H-2 pelaksanaan operasi penyekatan di Pospam Faroka, masih menyasar kendaraan plat luar kota Solo, untuk diperiksa dan dimintai surat dokumen perjalanan, yang meliputi surat dinas perjalanan, SIKM dan juga surat keterangan sehat swab antigen.

Sejak resmi operasi peniadaan mudik mulai 6 - 17 Mei mendatang, hingga H-2 sudah lebih dari 280 kendaraan yang diputar balik, karena tidak membawa surat kelengkapan. Sudah puluhan yang secara acak di swab antigen di Pos Screening, dengan hasil negatif.

Beruntung kesigapan Satgas Jogo Tonggo, membuat pemudik yang sudah masuk di perkampungan, dapat dibawa masuk menjalani tes swab, yang kemudian diketahui ada tiga dengan positif terpapar.

Kapolresta Kombes Pol Ade menegaskan, pihaknya juga berhasil memutar balik kendaraan travel yang membawa penumpang dengan tujuan mudik. "Langsung kita putar balik," tegas dia.

Pasa bagian lain, Walikota Gibran juga menyasar pusat perbelanjaan untuk antisipasi lonjakan pengunjung yang ingin belanja setelah mendapat THR.

Ia memastikan akan tetap mengedepankan protokol kesehatan di setiap pusat perbelanjaan. "Semua kita koordinasikan, agar tidak muncul klaster baru menjelang lebaran yang dikarenakan ledakan warga belanja," kata dia.

Pantauan Media Indonesia, pada Selasa (11/5) pusat perbelanjaan Solo Grand Mall dilakukan tes swab antigen massal, usai diketahui seorang mitra kerja SGM terkonfirmasi positif covid-19.

Namun  sejauh ini, SGM masih diizinkan buka oleh Satgas Covid-19 Kota, dan hanya dilakukan tes swab antigen massal. "Jadi kemarin itu dilakukan tes PCR secara acak terhadap manajemen SGM, mulai dari mitra kerja, karyawan tinan. Hasilnya satu terpapar, yakni seorangl petugas cleaning service, yang langsung dilarikan ke Asrama Haji. Hari ini untuk pemantaoan 800 orang kita swab," kata Public Relation (PR) SGM Ni Wayan Ratrina, Selasa (11/5).

Hasil tes swab antigen masaal terhadap ratusan orang ternyata semua negatif, dan SGM pun masih buka dengan prokes yang sangat ketat. (OL-13)

Baca Juga: Libur Idul Fitri 2021 Tak Lagi Manis bagi Pariwisata Lembang

 

Baca Juga

Antara

51.606 Anak Jadi Sasaran Vaksinasi di Aceh Timur

👤Ant 🕔Senin 17 Januari 2022, 23:46 WIB
Pemkab Aceh Timur menargetkan seribu anak yang ikut vaksinasi setiap...
MI/BAYU ANGGORO

Pemprov Jawa Barat Promosikan Kemandirian Pesantren Lewat Film Televisi

👤Bayu Anggoro 🕔Senin 17 Januari 2022, 23:35 WIB
Lokasi pengambilan gambar FTV ini dipilih di Pondok Pesantren Al Ittifaq, Ciwidey, di Kabupaten Bandung, sebuah pesantren yang mandiri,...
Antara

Polisi Bongkar Praktik Tes Covid-19 Palsu di Makassar

👤Ant 🕔Senin 17 Januari 2022, 23:33 WIB
Biaya yang dipatok untuk tes PCR antara Rp700 ribu hingga Rp900...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya