Rabu 21 April 2021, 09:58 WIB

Harga Tinggi Dinas Perdagangan Kalsel Gelar Pasar Murah

Denny Susanto | Nusantara
Harga Tinggi Dinas Perdagangan Kalsel Gelar Pasar Murah

MI/Dwi Apriani
Pelaksanaan pasar murah di Kampung Kapitan Palembang yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sunsel.

 

DINAS Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan menggelar pasar murah di 13 kabupaten/kota untuk membantu masyarakat menghadapi Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah. Harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di Kalsel terus bergerak naik.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel, Birhasani, Rabu (21/4) menyebut harga sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan terutama di daerah kabupaten tetapi masih dalam batas normal.

"Beberapa komoditas masih tinggi dan beberapa lainnya seperti cabai dan gas yang sempat melambung sebelum Ramadan mulai turun. Namun harga kebutuhan pokok secara umum relatif stabil dan normal," ujar Birhasani.

Pihaknya dikatakan Birhasani telah menggelar pasar murah yang ditargetkan di seluruh wilayah Kalsel guna membantu masyarakat saat Ramadan dan menjelang Idul Fitri. Lebih jauh dikemukakan Birhasani kondisi kerusakan jalan pascabencana banjir besar awal tahun mengganggu distribusi dan ikut mempengaruhi harga kebutuhan pokok.

Berdasarkan data Dinas Perdagangan Kalsel beberapa kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan seperti daging, ayam, ikan, telur, minyak goreng dan tepung terigu. Pada bagian lain Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel juga menggelar pasar murah di 13 Kabupaten/Kota dengan melibatkan distributor dan kelompok Mitra Tani dengan cara mobile.

baca juga: Operasi Pasar Kalsel

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel, Suparno mengatakan ada 11 bahan pokok strategis yang dijual pada pasar murah minyak goreng, telur ayam, gula, bawang merah, bawang putih, cabai kriting, cabai rawit, daging ayam dan daging sapi, serta sayuran guna menjaga kestabilan harga di pasar.

Mengingat kondisi pandemi covid-19 maka pasar murah dilakukan door to door menjangkau kelurahan dengan menggunakan mobil unit.  Operasi pasar murah dilakukan selama bulan Ramadan. (OL-3)

 

Baca Juga

MI/Wibowo Sangkala

PB Al Khairiyah Minta Kementerian PUPR Lebarkan Jalan Cilegon-Anyer

👤Wibowo Sangkala 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:00 WIB
RUAS Jalan Cilegon-Pasauran tepatnya di Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Provinsi Banten saat ini kondisinya...
MI/Gabriel Langga

Vaksinasi Covid-19 di Flotim Belum Capai Target Nasional

👤Gabriel Langga 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:50 WIB
VAKSINASI Covid-19 dosis pertama di Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur hingga hari ini, Rabu (19/1) belum mencapai target...
dok.Ant

Update: Gempa Bumi M 6,6 Banten Sebabkan 3.078 Rumah Rusak

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:10 WIB
GEMPA bumi magnitudo 6,6 di Banten pada Senin (17/1) telah menyebabkan sebanyak 3.078 rumah rusak dengan rincian 395 unit rusak berat, 692...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya