Kamis 08 April 2021, 12:38 WIB

Empat Inovasi Digital Siap Layani Warga Kota Malang

Bagus Suryo | Nusantara
Empat Inovasi Digital Siap Layani Warga Kota Malang

MI/Dok Pemkot Malang
Wali Kota Malang Sutiaji meluncurkan empat inovasi berbasis digital untuk meningkatkan pelayanan publik

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Malang, Jawa Timur meluncurkan empat inovasi berbasis digital untuk meningkatkan pelayanan publik selama masa pandemi covid-19.

Empat inovasi itu aplikasi Simbahe, e-parking, Siapel dan E-SPPT.Aplikasi Simbahe atau Sistem Aplikasi Elektronik diluncurkan oleh Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Malang.

Aplikasi itu memberikan kemudahan pendaftaran dan pembayaran bagi masyarakat ketika menggunakan fasilitas olahraga. Aplikasi lainnya, e-parking oleh Dinas Perhubungan.

Terobosan itu mencegah kebocoran pendapatan daerah karena masyarakat bisa membayar uji kir atau uji kelaikan kendaraan bermotor secara daring dilengkapi kode QRIS melalui telepon pintar.

Fitur virtual account dalam aplikasi memudahkan warga membayar pajak non-tunai langsung ke bank.Selanjutnya aplikasi Siapel atau Sistem Informasi Aplikasi Pelayanan Elektronik. Inovasi ini meningkatkan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang.

Sedangkan aplikasi E-SPPT Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) oleh Badan Pendapatan Daerah memudahkan masyarakat dalam mengecek tagihan pajak terhutang dan pembayaran secara online tanpa menunggu Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).

Warga juga tak perlu antre di kantor pelayanan pajak karena pembayaran bisa melalui toko modern, Tokopedia dan Bank Jatim.

"Komitmen kami dengan berbagai cara memudahkan dan terus-menerus akan kita lakukan perbaikan demi terlayaninya apa yang menjadi kepentingan dan layanan dasar masyarakat terpenuhi dengan baik," tegas Wali Kota Malang Sutiaji, Rabu (7/4).

baca juga: Pemkot Malang Luncurkan Pajak Daring

Sutiaji menjelaskan pelayanan yang transparan akan meningkatkan dan menguatkan kepercayaan publik sekaligus meningkatkan pendapatan daerah.

"Masyarakat secara pelan tapi pasti akan semakin percaya bahwa kebijakan di Malang adalah kebijakan bersama-sama," tuturnya. (OL-3)


 

 

Baca Juga

MI/TOSIANI

Menyulap Limbah Kayu Jadi Barang Perabot Berkualitas Tinggi

👤Tosiani 🕔Rabu 14 April 2021, 15:30 WIB
Semua barang perabotan rumah di unit usaha Kayuki dibuat dari limbah kayu jati belanda. Kayu bekas palet pengiriman barang dari luar negeri...
MI/Lina Herlina

Setelah Ekspor Rempah, Sulsel Ekspor Ikan Senilai Rp97 Miliar

👤Lina Herlina 🕔Rabu 14 April 2021, 15:20 WIB
Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, kembali melepas ekspor salah satu komoditas di Sulsel. Rabu (14/4) dia meluncurkan program...
ANTARA/Luqman Hakim

Polda DIY Menangkap Dua Pelaku Perdagangan Satwa Dilindungi

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 15:07 WIB
Petugas kepolisian melakukan penyamaran dengan berpura-pura menjadi pembeli. Saat melakukan transaksi, petugas langsung menangkap JR...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya