Minggu 14 Maret 2021, 11:54 WIB

Polres Konawe Diserang, Penahanan 9 Tersangka Ditangguhkan

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Nusantara
Polres Konawe Diserang, Penahanan 9 Tersangka  Ditangguhkan

MI/ANDRI WIDIYANTO
Ilustrasi

 

POLRES Konawe, Sulawesi Tenggara diserbu oleh ratusan orang, pada Sabtu (13/3). Ratusan orang tersebut mencoba menerobos masuk pintu gerbang dengan membawa senjata tajam dan bendera. Warga yang protes meminta 9 orang tersangka yang diduga membakar rumah hingga menyebabkan warga bernama Sattu (69) meninggal dunia, dibebaskan.  Tak hanya itu, warga ingin Kapolres Konawe AKBP Yudi Kristianto dicopot karena dianggap tidak berimbang dalam menyelesaikan kasus.

Warga meminta sembilan pelaku pembakaran rumah serta satu korban meninggal dunia dibebaskan lantaran para pelaku berusaha membela harga diri seorang ibu rumah tangga. Menanggapi hal itu, Karo Penmas Kadiv Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan pihaknya telah menangguhkan penahanan terhadap kesembilan tersangka.

"Benar (adanya kejadian penyerangan). Adapun 9 tersangka ditangguhkan penahanannya oleh Polres Konawe setelah adanya penjamin dan permintaan dari tokoh masyarakat," tutur Rusdi kepada mediaindonesia.com, Minggu (14/3).

Di sisi lain, Kabid Humas Polda Sultra, Ferry Walintukan menyebut pihaknya menangguhkan 9 tersangka lantaran mendapatkan jaminan dari Wakil Bupati dan beberapa tokoh adat setempat.

"Kemarin demo di Polres Konawe dari ormas dan pihak Polres menangguhkan 9 tersangka atas jaminan Wakil Bupati dan beberapa tokoh adat setempat," terangnya.

baca juga: Ajakan Lawan Tiongkok Bupati Konawe Dianggap Rasis
 
Polres Konawe menangkap sembilan pelaku pembakaran kios milik Sattu yang jadi korban hingga meninggal dunia. Kesembilan tersangka, yakni Jimin, Dion, Rudin, Muslan, Asmar, Imran, Aqsa, Ginanjar, dan Ade. Menurut Ferry, pelaku melakukan pengrusakan hingga pembakaran imbas dari adanya ketersinggungan salah satu pelaku karena ditagih oleh Sattu lantaran pernah meminjam uang.  (OL-3)


 

Baca Juga

MI/ Bary Fathahilah

Pasien Sembuh Covid-19 di Gunung Kidul Bertambah Delapan Orang

👤Ant 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:58 WIB
Kasus aktif covid-19 di Gunung Kidul tinggal 39...
MI/Susanto

Vaksinasi di Medan Capai 78,55 Persen

👤Ant 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:42 WIB
Capaian vaksinasi tersebut, sudah melebihi target sebesar 70% yang ditetapkan oleh pemerintah...
dok.Apdesi

APDESI akan Anugerahi Jokowi Sebagai Bapak Pembangunan Desa

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 22:06 WIB
APDESI akan menganugerahi Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi sebagai "Bapak Pembangunan Desa" sekaligus "Bapaknya Kepala...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya