Jumat 05 Maret 2021, 09:24 WIB

Whisnutama Siap Bantu Poles Kota Surakarta

Widjajadi | Nusantara
Whisnutama Siap Bantu Poles Kota Surakarta

MI/Widjajadi
Mantan Menparekraf Wishnutama (berbaju biru) bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka (berbusana daerah) meninjau Lokananta.

 

MANTAN Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama, Kamis ( 4/3 ) menemui Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka untuk kemungkinan membantu memoles potensi Kota Solo menjadi pusat ajang inovasi dan kreatif.

Dalam kesempatan itu, Gibran mengajak tamu istimewa yang sering disebut sebagai sosok inspiratif bagi generasi milenial itu ke sejumlah lokasi, seperti Taman Satwataru Jurug (TSTJ), Perusahaan Lokananta dan Museum Batik Keris.

Wishnutama cukup terkesan dengan tiga obyek yang ditinjau, dan melihat sebagai potensi atau peluang untuk dikembangkan bagi anak anak muda dalam menyalurkan ide kreatif maupun inovatifnya.

Seperti TSTJ, sebagai pusat konservasi flora dan fauna bagi Kota Solo, sudah lama menjadi salah satu ikon untuk pengembangan wisata alam. Tempatnya yang luas dan berada di pinggir Bengawan Solo yang melegenda, bisa dikreasi dan diinovasi untuk pengembangan ekonomi kota.

Begitu halnya Lokananta, yang merupakan perusahaan rekaman musik piringan hitam yang didirikan negara pada 1956 kini sedang menata diri, juga menarik perhatian pria pendiri TV Nett.

Keberadaan koleksi rekaman yang tertata dan tersimpan rapi dan menawan. 

"Sayang kondisi penyimpanan kurang optimal. Kondisi ruangan lembab dan belum memenuhi standar penyimpanan yang baik " katanya.

Namun begitu, Wishnu dan Wali Kota Gibran sepaham untuk menjadikan Lokananta sebagai Sandbox atau pusat UMKM Kreatif. Bahkan di lahan bekas industri rekaman itu, bisa diperbanyak ruang publik untuk menampung kreativitas anak muda.

Sementara itu, ketika berkunjung ke Museum Batik Keris, Wishnutama tidak bisa menyembunyikan kekagumannya atas bangunan untuk menyimpan berbagai jenis kain dan motif batik itu.

baca juga: Kejaksaan Negeri Klaten Canangkan WBK-WBBM 2021 

Dia memuji pengerjaan restorasi bangunan yang detail dan penataan ruangan yang bernuansa anggun, memyegarkan dan sangat nyaman itu. Cocok dengan alur cerita sejarah kepemilikan gedung batik kuno itu. Dalam peninjauan itu, Wali Kota Gibran dan Wishnutama terlihat seksama mendengarkan cerita sejarah kepemilikan museum  yang merupakan milik dari leluhur pemilik Batik Keris.

Dari peninjauan tiga lokasi, telab memunculkan banyak ide dan gagasan, untuk mewujudkan peluang ekonomi kreatif, yang bisa digarap. "

"Akan dan tindaklanjut pembahasan, mudah mudahan bisa cepat," ucap Gibran. (OL-3)

Baca Juga

Biro Setpres

November, Jokowi Tinjau Kawasan di Tanah Kuning

👤Ant 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 23:35 WIB
Sebelumnya Jokowi pada Selasa (19/10) melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan...
Antara

Jokowi Dorong Kalsel Kejar Target Vaksinasi

👤Ant 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 21:40 WIB
"Target vaksinasi di Kalsel baru mencapai 33 persen, sehingga perlu kerja keras dari seluruh kabupaten dan kota di provinsi ini,"...
DOK MI

Pemkab Sikka Terus Lakukan Upaya Tekan Angka Stunting

👤Gabriel Langga 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 21:25 WIB
Pemkab Sikka terus melakukan upaya untuk menekan angka stunting di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya