Selasa 02 Maret 2021, 12:01 WIB

Puncak Musim Hujan Sudah Lewat, Warga Tetap Waspada

Depi Gunawan | Nusantara
Puncak Musim Hujan Sudah Lewat, Warga Tetap Waspada

ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Kendaraan menerjang air menggenangi jalan nasional menuju Garut di perbatasan Kabupaten Bandung dan Sumedang, Jawa Barat, Sabtu (9/1/2021).

 

DALAM beberapa hari terakhir, suhu udara di sebagian wilayah Bandung cukup menyengat. Padahal Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut, bulan ini masih dalam musim penghujan. Prakirawan BMKG Bandung, Yuni Yulianti memprakirakan, berdasarkan analisa bahwa pada awal Maret ini wilayah Bandung dan Jawa Barat pada umumnya masih dalam periode musim penghujan.

"Puncak musim hujan itu sendiri diprediksi terjadi pada Januari-Februari, berarti pada umumnya wilayah Jawa Barat sudah melewati puncak musim hujan," ungkapnya, Selasa (2/3).

Meskipun demikian, lanjut dia, dalam periode ini masyarakat diingatkan waspada sebab potensi hujan masih bisa terjadi terutama pada siang, sore dan malam hari.

"Sekarang masih dalam periode musim hujan, artinya pertumbuhan awan konvektif signifikan di wilayah Bandung dan Jabar umumnya masih sangat berpotensi terjadi," katanya.

baca juga: Walhi Kritisi Pemanfaatan Tata Ruang di Kalsel

Masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana hidrometeorologi tetap diminta berhati-hati karena pontensi hujan masih bisa terjadi di bulan ini yang ditandai dengan meningkatnya pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Jawa Barat.

"Sore hari ada potensi hujan intensitas ringan, maka tetap harus diwaspadai terutama yang tinggal rawan banjir, longsor, pergerakan tanah," bebernya. (OL-3)
 

Baca Juga

Ist

Saat Resmikan Ponpes, Kapolri Ajak Masyarakat Pererat Persatuan 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 14 April 2021, 01:42 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengingatkan warga agar tak mudah dipecah belah. Ia mengingatkan pentingnya...
Dok. PABOI

PABOI Bantu Korban Bencana NTT yang Patah Tulang Belakang

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 13 April 2021, 23:41 WIB
Tim Tanggap Bencana Perhimpunan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (PABOI) hingga kini masih bertugas di lokasi bencana...
wdrfree.com

Sulawesi Utara Diguncang Gempa Tektonik Bermagnitudo 5,2

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 13 April 2021, 23:29 WIB
Gempa tektonik dengan magnitudo 5,2 yang berpusat kira-kira 135 kilometer tenggara Kota Bitung, Sulawesi Utara, Selasa pukul 22:47:31 WIB,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya